Wabup Agam Pimpin Upacara Peringatan Hari Santri Nasional 2021 di Ash-Habul Yamin Lasi

- Sabtu, 23 Oktober 2021 | 08:18 WIB
Wakil Bupati Agam ketika menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Santri Nasional tahun 2021 yang berlangsung di Pondok Pesantren Ash-Habul Yamin, Lasi, Jumat (22/10/2021). (Foto : Dokumentasi AMC)
Wakil Bupati Agam ketika menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Santri Nasional tahun 2021 yang berlangsung di Pondok Pesantren Ash-Habul Yamin, Lasi, Jumat (22/10/2021). (Foto : Dokumentasi AMC)

AGAM, HARIANHALUAN.COM - Upacara Peringatan Hari Santri Nasional tahun 2021 berlangsung khidmat di Pondok Pesantren Ash-Habul Yamin, Lasi, Jumat (22/10/2021).

Dilansir dari Agam Media Center (AMC), pada upacara tersebut, Wakil Bupati Agam, Irwan Fikri Datuak Parpatiah bertindak sebagai inspektur upacara.

Dalam upacara itu, Wakil Bupati Agam menyampaikan sambutan Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas.

Ia mengatakan, untuk Peringatan Hari Santri Nasional 2021 ini, mengangkat tema Santri Siaga Jiwa Raga.

“Tema ini sebagai bentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar senantiasa siap menyerahkan jiwa dan raga dalam membela Tanah Air, mempertahankan persatuan Indonesia serta mewujudkan perdamaian dunia,” ujarnya.

Siaga Jiwa Raga adalah komitmen seumur hidup santri yang terbentuk dari tradisi pesantren yang tidak hanya mengajarkan kepada santri-santrinya tentang ilmu dan akhlak, melainkan juga tazkiyatun nafs, yaitu mensucikan jiwa dengan cara digembleng melalui tirakat lahir dan batin yang diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Di masa pandemi Covid-19 ini, tema Santri Siaga Jiwa Raga menjadi sangat penting dan relevan, dimana kaum santri tidak boleh lengah dalam menjaga protokol kesehatan,” tuturnya.

Ia melanjutkan, modal utamanya adalah tradisi kedisiplinan dan sikap kehati-hatian yang diajarkan oleh para pimpinan pesantren kepada para santri.

“Oleh sebab itu, melalui momen Upacara Peringatan Hari Santri tahun 2021 ini, mari kita bersama-sama mendoakan para pahlawan, terutama dari kalangan ulama, kiai, dan santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama,” ucap Wakil Bupati Agam.

Halaman:

Editor: Rahma Nurjana

Tags

Terkini

X