Wagub Sumbar: Jumlah Pengusaha di Indonesia Masih Kalah dari Thailand

- Senin, 25 Oktober 2021 | 14:05 WIB
Wagub Sumbar, Audy Joinaldy.
Wagub Sumbar, Audy Joinaldy.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy menyebutkan, kuliah bukan hanya sekadar aktivitas untuk menuntut ilmu dan menjadi lulusan terbaik, tetapi merupakan langkah awal menjadi seorang enterpreneur muda dengan meluaskan jaringan dan memupuk soft skill.

"Saat kuliah, peluang untuk menjadi seorang enterpreneur, seorang pengusaha muda itu terbuka luas yaitu dengan aktif berorganisasi guna menambah jejaring atau networking, memupuk soft skill seperti comunication skill, cognitive skill hingga organization skill yang sangat dibutuhkan untuk bisa mencapai kesuksesan," kata Wagub saat menghadiri acara Pelatihan Kewirausahaan Menghasilkan Mahasiswa Memiliki Star Up di Gedung Caraka Kampus Proklamator I Universitas Bung Hatta, Senin, (25/10/2021).

Baca Juga: Pemprov Sumbar Gandeng HIPMI Berkolaborasi Ciptakan Pengusaha Muda Minang

Ia menyebut dibalik faktor kesuksesan itu, IQ ternyata hanya peringkat 20, nilai yang tinggi hanya peringkat 35. Karena itu sangat rugi jika mahasiswa hanya datang ke kampus, belajar lalu pulang lagi.

"Kuliah penting untuk mendapatkan informasi baru, pengetahuan baru yang semula kita tidak tahu. Tetapi menempa diri, memupuk soft skill juga sangat penting," katanya.

Baca Juga: Heboh Pandora Papers , Pengusaha China Tuding Kerjaan Intelijien AS dan Barat

Menurutnya, saat ini jumlah pengusaha di Indonesia sangat sedikit hanya sekitar 2-2,5 persen dari jumlah penduduk kalah dari Thailand yang sudah 5 persen, Malaysia 6 persen apalagi Singapura yang sudah mencapai dua digit.

Hal itulah yang membuat perekonomian Indonesia bergerak lambat. Untuk memacu pertumbuhan ekonomi setidaknya menurut Audy, 4 persen masyarakat Indoensia harus jadi pengusaha.

Dan peluang itu terbuka sangat lebar untuk generasi muda yang saat ini tengah kuliah yang sudah sangat akrab dengan teknologi, smartphone dan dunia digital.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

Wako Fadly Amran Sampaikan Ranperda APBD 2022

Jumat, 26 November 2021 | 22:30 WIB

Bupati Agam Lepas 40 Bibit Ikan di Launching Baganang

Jumat, 26 November 2021 | 16:45 WIB

PLN Resmikan Lisdes di Empat Desa Kabupaten Agam

Jumat, 26 November 2021 | 16:10 WIB

Polda Sumbar Kembali Buka Gebyar Vaksinasi Sabtu Depan

Jumat, 26 November 2021 | 12:30 WIB
X