5 Kali Berturut-turut, Sumbar Pertahankan WTP LKPD 2020 dari Kemenkeu

- Selasa, 26 Oktober 2021 | 06:10 WIB
Penghargaan WTP diserahkan oleh Kepala Kanwil DJPb selaku perwakilan dari Kementerian Keuangan di daerah kepada Gubernur Mahyeldi di Auditorium Gubernur, Senin (25/10/2021).
Penghargaan WTP diserahkan oleh Kepala Kanwil DJPb selaku perwakilan dari Kementerian Keuangan di daerah kepada Gubernur Mahyeldi di Auditorium Gubernur, Senin (25/10/2021).

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sumbar mendapatkan penghargaan berupa plakat dan piagam atas capaian mempertahankan Opini WTP selama 5 tahun berturut-turut. Penghargaan diserahkan oleh Kepala Kanwil DJPb selaku perwakilan dari Kementerian Keuangan di daerah kepada Gubernur Mahyeldi di Auditorium Gubernur, Senin (25/10/2021).

"Keberhasilan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mempertahankan Opini WTP selama 5 tahun berturut-turut adalah berkat soliditas dari kepala daerah hingga OPD," kata Gubernur Mahyeldi.

Baca Juga: Hendri Septa Apresiasi Kota Padang Raih WTP Tujuh Kali Berturut-Turut

Ia mengatakan ada beberapa strategi untuk mempertahankan WTP diantaranya komitmen dari kepala daerah hingga OPD untuk patuh dalam pelaporan keuangan daerah.

Komitmen tersebut dilakukan dengan mengoptimalkan tindaklanjut terhadap evaluasi BPK sehingga persoalan terkait temuan-temuan bis diselesaikan dengan baik.

Baca Juga: Kabupaten Dharmasraya Kembail Raih Predikat WTP Keenam Kali

Kemudian dibutuhkan upaya untuk peningkatan SDM terutama bagi ASN bidang keuangan. Dengan SDM yang tangguh pertanggung jawaban keuangan hingga pelaporan bisa dilakukan sesuai aturan.

"ASN juga harus memahami semua aturan terkait keuangan daerah sehingga tidak ada yang ragu-ragu untuk melaksanakan kegiatan," ujarnya.

Penguatan terhadap SDM keuangan tersebut bisa dilakukan bekerjasama dengan berbagai pihak termasuk penegak hukum, BPKP hingga Perwakilan BPK.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

Pariaman Targetkan Zero Stunting Tahun 2024

Senin, 6 Desember 2021 | 14:15 WIB
X