Club Minang Paddler dan Sahati Adventure Sukses Helat Festival Arung Jeram di Payakumbuh

- Kamis, 28 Oktober 2021 | 11:36 WIB
Club Minang Paddler dan Sahati Adventure Sukses Helat Festival Arung Jeram di Payakumbuh
Club Minang Paddler dan Sahati Adventure Sukses Helat Festival Arung Jeram di Payakumbuh

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Festival Arung Jeram Batang Agam diselenggarakan di Kota Payakumbuh pekan lalu. Meski dalam pandemi Covid-19, iven yang diselenggarakan dengan protokol kesehatan tersebut berjalan sukses. 

Festival yang merupakan kegiatan dari Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Sumbar tersebut digelar dua hari berturut-turut, Sabtu dan Minggu (23-24/10/2021).

Wakil Walikota Payakumbuh, Erwin Yunaz sempat membuka iven kedua kalinya di Kota Payakumbuh tersebut. Sedangkan untuk peserta arung jeram terdiri dari komunitas, penggiat, serta klub arung jeram dari perwakilan kota dan kabupaten di Sumbar.

Salah seorang tokoh arung jeram nasional Lody Corua di Payakumbuh mengatakan aliran sungai Batang Agam yang ada di Payakumbuh sangat cocok sebagai lokasi salah satu olahraga arum jeram di Sumbar. Apalagi lokasi berada di kawasan perkotaan dengan nuansa sungai dialam terbuka. Tetapi, katanya, harus ada pengembangan jalur terutama terhadap jalur yang menantang.

"Ke depan mungkin bisa dibuatkan rekayasa jeram yang lebih menantang atau sirkuit dengan tidak mengabaikan aspek keamanan, baik untuk atlet sendiri atau masyarakat sendiri. Sehingga sungai Batang Agam nantinya bisa menjadi percontohan sebagai sirkuit arung jeram pertama di Indonesia," ujarnya pada Kamis (28/10) siang.

Kesuksesan Festival Arung Jeram Batang Agam tersebut, tak terlepas dari kerja keras tim teknis lomba yang dipandu dan diatur oleh Club Minang Paddler dan Sahati Adventure. Iven juga melibatkan tim rescue air dengan gabungan komunitas arung jeram, BPBD Kota Payakumbuh dan Basarnas. (*)

Editor: Rahma Nurjana

Tags

Terkini

Kota Sawahlunto Dapat Dua Penghargaan dari JKPI

Sabtu, 4 Desember 2021 | 19:11 WIB

Wakapolda Tinjau Sumdarsin di Polda Sumbar

Sabtu, 4 Desember 2021 | 18:43 WIB

Perguruan Thawalib Peringati Hari Disabilitas

Sabtu, 4 Desember 2021 | 12:44 WIB

Gubernur Sumbar Resmikan Surau Al-Ikhlas Taluak Agam

Sabtu, 4 Desember 2021 | 09:32 WIB
X