Rumah Syarikat, Lembaga Kajian dan Diskusi Publik yang Diresmikan Saat Peringatan Sumpah Pemuda

- Kamis, 28 Oktober 2021 | 19:19 WIB
Muhammad Fadli saat meresmikan Runah Syarekat, Kamis (28/10/2021).
Muhammad Fadli saat meresmikan Runah Syarekat, Kamis (28/10/2021).


BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Momentum Sumpah Pemuda, Rumah Syarikat Resmi Hadir Sebagai Lembaga Kajian dan Diskusi Publik. Peresmian tersebut dihadiri oleh Wakil Wali Kota Bukittinggi, mewakili Kapolres Bukittinggi, mewakili Dandim 0304 Agam, mewakili Kajari Bukittinggi, Ketua PMI Bukittinggi, serta tamu undangan.

Wakil Wali Kota Bukittinggi, Marfendi, dalam sambutannya menyampaikan, forum diskusi publik adalah tradisi orang Minangkabau.

"Dahulu, kita punya tradisi namanya balapau. Dari lapau tersebut lahirlah ide-ide yang sangat luar biasa," tuturnya, Kamis (28/10/2021).

Ia menambahkan, hendaknya dengan hadirnya Rumah Syarekat, dapat menjadi wadah diskusi publik yang bermamfaat.

"Di sinilah letak identitas orang Sumatra Barat. Semua didiskusikan, dari pak RT hingga Presiden Amerika," ujar wakil wali kota.

Sementara itu, Muhammad Fadli, Direktur Eksekutif Rumah Syarekat mengungkapkan, Rumah Syarekat hadir ditengah kekhawatiran masyarakat hari ini, dimana beredar isu-isu yang mendiskredirkan orang-orang Sumatra Barat. Dimulai dari paling percaya hoax hingga menyangkut Pancasila.

Ia menambahkan, jika berkaca kepada masa lalu, kualitas orang Sumatra Barat, khususnya orang Bukittinggi, adalah orang-orang yang berpengaruh dalam perkembangan bangsa. Bahkan tak sedikit yang menjadi tokoh internasional.

"Melihat kondisi tersebut, hari ini, bahkan semenjak zaman dahulu, orang Bukittinggi atau Sumatra Barat memang memiliki posisi yang khusus dalam kualitas sumber daya manusia," ujarnya.

Fadli mengatakan, bahwa orang-orang hebat tersebut adalah orang-orang yang bergerak dari berkumpul dan bersyarekat, hingga menjadi tokoh-tokoh nasional bahkan internasional.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Terkini

Andalas Santri's Camp di Padang Panjang Resmi Ditutup

Sabtu, 27 November 2021 | 14:15 WIB

Wako Fadly Amran Sampaikan Ranperda APBD 2022

Jumat, 26 November 2021 | 22:30 WIB
X