Indra Agus Lukman Masih Ditahan Meski Menang Prapid, PH dan Keluarga Protes

Dodi Caniago
- Kamis, 28 Oktober 2021 | 22:00 WIB
 Kuasa Hukum Indra Agus Lukman, Rizki JP Poliang (haluanriau.co/Yendri Saputra)
Kuasa Hukum Indra Agus Lukman, Rizki JP Poliang (haluanriau.co/Yendri Saputra)

HARIANHALUAN.COM - Indra Agus Lukman, Kadis ESDM Provinsi Riau memenangkan Pra Peradilan (Prapid) pada putusan sidang di Pengadilan Negeri Teluk Kuantan, Riau.

Baca Juga: Keok! Semen Padang Fc Dilumat KS Tiga Roda di Jakabaring

Meski menang Prapid pada  Rabu (27/10/2021). Indra Agus Lukman masih menjadi tahanan Tipikor, sehingga pihak keluarganya mendatangi Kejaksaan Negeri Kuantan Singingi, Kamis (28/10/2021).

Kedatangan mereka dikawal secara ketat oleh pihak kepolisian guna menghindari keributan.

Penasihat Hukum (PH) Indra Agus Lukman, Rizki JP Poliang meminta kepada Kepala Kejaksaan Negeri Kuansing, Hadiman sebagai eksekutorial supaya melaksanakan tugas dan fungsinya (tupoksi).

Dijelaskan Rizki, Kajari Kuansing belum berkenan mengeksekusi, karena belum ada putusan dari Pengadilan Tipikor Pekanbaru. Secara formal dirinya menilai sudah cacat hukum.

"Mengapa harus minta izin, secara Mutatis Mutandis, berkas perkara saat ini sudah limpah di Pengadilan Pekanbaru itu sudah gugur," ujar Rizki seperti dilansir haluanriau.co, Kamis (28/10/2021).

Dijelaskan Rizki, Putusan Mutatis Mutandis adalah asas yang menyatakan pada dasarnya sesuai dengan prosedur yang terdapat dalam ketentuan Peraturan Kepala dan ini memiliki kewenangan melakukan perubahan prosedur pada hal-hal yang diperlukan atau penting sesuai dengan kondisi yang mendesak.

"Langkah ke depan kami akan melakukan kajian terlebih dahulu, langkah dan tindakan apa yang akan kami ambil," terang Rizki.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Sumber: haluanriau.co

Tags

Terkini

Paragon Gelar Seminar Hari Guru di INS Kayutanam

Senin, 29 November 2021 | 18:15 WIB

Wakapolda dan PJU Polda Sumbar Hadiri HUT Korpri ke-50

Senin, 29 November 2021 | 16:25 WIB

Senin Dini Hari, Kota Jayapura Diguncang Gempa Darat

Senin, 29 November 2021 | 01:58 WIB
X