KM Simasin Mogok di Perjalanan, Ratusan Penumpang Dievakuasi Tim SAR Mentawai

- Rabu, 3 November 2021 | 06:10 WIB
Tim SAR Gabungan langsung bergerak menuju lokasi menggunakan Kapal KN RAMAWIJAYA 240 Mentawai dan pada pukul 17:30 Wib.
Tim SAR Gabungan langsung bergerak menuju lokasi menggunakan Kapal KN RAMAWIJAYA 240 Mentawai dan pada pukul 17:30 Wib.

MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM - Kapal Antar Pulau milik Pemkab Memtawai, KM Simasin mogok di perjalanan saat membawa ratusan penumpang dari pelabuhan Tuapejat menuju pelabuhan Sikakap, Selasa (02/11).

Pasalnya kapal kayu penyeberangan antar pulau tersebut mengalami kerusakan pada mesin di sekitar perairan laut Pagai utara atau selat Sipora, awak kapal sudah mencoba memperbaiki mesin namun tidak berhasil, akhirnya meminta bantuan Tim SAR.

Baca Juga: Pencarian Nelayan Hilang di Mentawai Belum Membuahkan Hasil

"Kita menerima informasi pukul 14:55 Wib dari Kepala Dinas Perhubungan bahwasanya KM Simasin mengalami mati mesin di sekitar perairan laut Pagai Utara pada sekira pukul 14:00 Wib dan membawa penumpang 109 orang termasuk 11 orang awak kapal," terang Akmal Kepala Kantor SAR Mentawai.

Setelah mendapatkan informasi tersebut Tim SAR Gabungan langsung bergerak menuju lokasi menggunakan Kapal KN RAMAWIJAYA 240 Mentawai dan pada pukul 17:30 Wib. Tim sampai di lokasi dan langsung mengevakuasi penumpang dan membawa penumpang ke Dermaga Sikakap.

Baca Juga: KM Wicly Jaya Sakti Tenggelam, Tim SAR Temukan Dua Jasad Perempuan Mengapung

"Pada pukul 18:45 Wib seluruh penumpang berhasil dievakuasi ke KN RAMAWIJAYA 240 Mentawai dan langsung menuju Sikakap, pada pukul 21:15 Wib tiba di Sikakap bersama dengan seluruh penumpang dengan selamat," paparnya.

Sementara itu kata Akmal kapal KM Simasin yang mengalami kerusakan pada mesin tersebut ditarik ke pelabuhan Sikakap dengan bantuan Kapal LCT Teluk Katurei pada Pukul 20:05 Wib bersama dengan 11 awak kapal.

Kondisi cuaca saat Operasi SAR tersebut kata Akmal hujan ringan, Kecapatan Angin berkisar 2 - 15 Knots dan Tinggi Gelombang mencapai 0,5 - 1,25 M.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

Bank Nagari Jalin Kerja Sama dengan BKMT Sumbar

Senin, 4 Juli 2022 | 17:13 WIB
X