Antisipasi Libur Nataru, Wisatawan ke Sumbar Wajib Vaksinasi

- Kamis, 4 November 2021 | 15:25 WIB
Salah satu objek wisata di Padang
Salah satu objek wisata di Padang

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Dalam rangka mengantisipasi libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), Pemprov Sumbar berharap seluruh pemangku kepentingan bisa menjaga kondisi yang sudah mulai membaik.

"Kita sudah punya Perda Nomor 6 tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru, tinggal penerapan dan pengawasan pelaksanaan. Kita juga upayakan menghindari kerumunan dan meningkatkan kedisiplinan prokes," kata Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah saat memaparkan evaluasi pelaksanaan vaksinasi pada Rapat Forkopimda Provinsi Sumbar Bersama Panglima TNI dan Kapolri di Auditorium Gubernuran.

Baca Juga: Sebelum Berakhir Pekan, Simak Dulu Cuaca Objek Wisata Sumbar

Mahyeldi juga telah menyurati bupati dan wali kota untuk mewajibkan syarat vaksin untuk wisatawan yang ingin masuk ke objek wisata.

Semantara itu Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan kondisi penyebaran COVID-19 secara umum di Indonesia sudah mulai terkendali. Rata-rata laju harian berada di bawah angka 1000.

Baca Juga: WNA dan WNI Masuk RI Wajib Vaksin, Satgas Penanganan Covid-19 Sedang Godok Aturannya

"Ini kemajuan luar biasa berjat kerja keras dari semua pihak. Pengendalian laju angka harian itu berdampak pada positivity rate berada di bawah 1. Ini jauh di bawah garis batas WHO. Indonesia berada pada posisi I terbaik di Asia Tenggara dalam pengendalian COVID-19," katanya.

Indonesia sudah membuka ruang bagi wisatawan untuk masuk berwisata tetapi penegakan aturan terutama protokol kesehatan tidak boleh kendor. Kegiatan mengakibatkan kerumunan tetap harus diwaspadai karena ada risiko peningkatan kenaikan COVID-19. Kita juga harus mengantisipasi kenaikan laju harian COVID-19 yang terjadi di Eropa akibat varian baru," ujarnya.

Ia menyorot beberapa daerah di Sumbar yang meskipun laju harian COVID-19 menurun, tetapi tingkat kematian juga meningkat di atas rata-rata nasional.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

X