Disparpora Pesisir Selatan Segera Kukuhkan 13 Desa Wisata

Rahma Nurjana
- Senin, 8 November 2021 | 17:06 WIB
Kepala Disparpora Pessel, Suhendri (Foto: dok peisisrselatankab.go.id)
Kepala Disparpora Pessel, Suhendri (Foto: dok peisisrselatankab.go.id)

PESISIR SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat (Sumbar) segera mengukuhkan 13 desa wisata yang tersebar di tujuh kecamatan.

Kepala Disparpora Pessel, Suhendri menyebut secara bertahap setiap kecamatan di daerah itu, nantinya akan didorong untuk memiliki satu desa wisata yang pada dasarnya lahir dan timbul atas kesadaran dan kemauan masyarakat.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan itu juga berharap dengan lahirnya desa wisata dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal dengan memaksimalkan masing-masing potensi nagari yang sangat kaya akan objek wisata.

"Dalam waktu dekat ini, nanti kita bersama Bupati Pesisir Selatan akan mengukuhkan 13 desa wisata yang sudah memiliki SK," jelas Suhendri saat diwawancarai kitasiar.com, Sabtu (6/11) di Painan.

Tak diragukan lagi, Pesisir Selatan memiliki beragam keindahan destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Sebelum pandemi melanda, angka kunjungan tercatat memgalami peningkatan siginifikan.
Bahkan kunjungan tertinggi tercatat pada 2018 dan 2019 lalu.

Arus wisatawan yang berkunjung saat itu, tercatat lebih dari dua juta orang yang terdiri dari pengunjung asing dan domestik. Kini, di tengah melandainya kasus Covid-19 diharapkan geliat wisata kembali dapat bergairah.

Beragam wisata menarik hadir dan ditawarkan dengan sensasi yang berbeda. Mulai dari wisata alam, bahari, sejarah hingga objek wisata karya. Dengan potensi itu, jelas Suhendri Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dapat mengoptimalkan sumber daya yang ada yang pada akhirnya mampu memberikan nilai tambah terhadap ekonomi masyarakat.

Kedepan, Disparpora Pessel juga bertekad untuk dapat mencanangkan wisata murah. Hal ini seiring dengan kekayaan destinasi yang dimiliki yang dapat menjadi banyak pilihan bagi setiap orang yang berwisata ke negeri yang berjuluk sejuta pesona tersebut.

"Kita juga berharap, bahwa tujuan akhirnya bagiamana nanti bisa menciptkan wisata murah, bagaimana masyarakat ekonomi menengah kebawah dapat menikmati wisata dengan biaya murah. Karena saat ini berwisata itu adalah kebutuhan semua orang," tambahnya.

Halaman:

Editor: Rahma Nurjana

Sumber: Rilis

Tags

Terkini

15 Warga Pariaman Bakal Dilatih Daur Ulang Sampah

Selasa, 18 Januari 2022 | 18:48 WIB

66 CPNS Solok Terima SK Pengangkatan PNS

Selasa, 18 Januari 2022 | 15:45 WIB
X