Kasus HIV Meningkat, Puskesmas Manggopoh Ajak Seluruh Pihak Ikut Perangi

- Selasa, 9 November 2021 | 15:39 WIB
Puskesmas Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung sosialisasi HIV, Senin (8/11/2021) (Foto : Dokumentasi AMC)
Puskesmas Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung sosialisasi HIV, Senin (8/11/2021) (Foto : Dokumentasi AMC)

AGAM, HARIANHALUAN.COM - Puskesmas Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung mengajak seluruh leading sektor untuk memerangi penyebaran penyakit menular HIV.

Dilansir dari Agam Media Center (AMC), Kepala Puskesmas Manggopoh, Ns. Lidia Ira Wati menyampaikan langsung ajakan tersebut saat menggelar Sosialisasi HIV dengan leading sektor terkait, Senin (8/11/2021) di aula Puskesmas Setemoat.

Baca Juga: Di Sumbar, 98 Orang Terjangkit HIV AIDS, Kasus Tertinggi di Padang dan Bukittinggi

Kegiatan tersebut dihadiri oleh unsur pemerintah kecamatan, wali nagari, wali jorong, perwakilan Danramil, Polsek, guru serta tenaga kesehatan.

“Mari kita dorong masyarakat untuk berani melakukan tes HIV. Jika positif maka lanjutkan dengan pengobatan ARV sedini mungkin, untuk tetap hidup sehat dan produktif,” ujarnya.

Baca Juga: Virus Covid-19 Bermutasi 30 Kali Pada Pasien HIV di Afrika Selatan

Ia mengatakan, jika penderita HIV/AIDS tidak bisa terdeteksi seluruhnya, tentunya masih menjadi permasalahan karena kasus tersebut masih mungkin muncul.

Ia melanjutkan, dalam rangka memerangi penyakit mematikan tersebut, perlu kerjasama semua pihak terutama kesadaran masyarakat sendiri.

Diharapkannya, setiap calon pengantin ketika skrening membawa pasangannya untuk pemeriksaan lengkap dan pemberian skrening kesehatan sebelum menikah.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

Gubernur Sumbar Bagi-bagi Bendera Merah Putih

Senin, 8 Agustus 2022 | 18:05 WIB
X