Kadis Dukcapil Pesisir Selatan Serahkan KTP dan KK Baru Bagi Pasangan Pengantin di Lagan Mudiak

Rahma Nurjana
- Kamis, 11 November 2021 | 09:55 WIB
Kadis Dukcapil Pesisir Selatan Serahkan KTP dan KK Baru Bagi Pasangan Pengantin di Lagan Mudiak (Foto: pesisirselatankab.go.id)
Kadis Dukcapil Pesisir Selatan Serahkan KTP dan KK Baru Bagi Pasangan Pengantin di Lagan Mudiak (Foto: pesisirselatankab.go.id)

PESISIR SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Perasaan senang dan gembira dirasakan oleh pasangan pengantin baru, Mona dan Rino pada acara resepsi pernikahannya, Selasa (9/11) di Nagari Lagan Mudiak, Kecamatan Linggo Sari Baganti. 

Kepala  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pesisir Selatan, Evafauza Yuliasman, Dt. M. A Tigo Lareh, SE. M.Si langsung datang ke rumah warga yang sedang melaksanakan resepsi pernikahan tersebut, sekaligus menyerahkan dokumen kependudukan baru pada pasangan pengantin.  

Evafauza Yuliasman mengatakan, kegiatan itu merupakan salah satu bentuk inovasi salam sapa ke pintu rumah masyarakat dalam melayani membahagiakan masyarakat. "Penyerahan Dokumen ini tentunya sudah di persiapkan terlebih dahulu  oleh Unit Kerja Layanan (UKL) Disdukcapil Kecamatan Linggo Sari Baganti yang menjadi perpanjangan tangan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pesisir Selatan," ungkapnya, dikutip dari pesisirselatankab.go.id, Kamis (11/11/2021).

Ia juga mengajak masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan agar memanfaatkan program inovasi Disdukcapil Pesisir Selatan ini, karena program tersebut sangat membantu masyarakat dari sisi waktu, efesensi biaya dan jarak. Karena dalam program inovasi ini dokumen masyarakat diantar langsung ke tempat acara pesta pernikahan ataupun perkawinan.

"Ya, saat ini dokumen kependudukan menjadi hal sangat mendasar bagi negara dan sudah menjadi kebutuhan negara dan bukan lagi kebutuhan masyarakat, negara butuh data penduduk yang valid untuk melaksanakan perencanaan yang tepat dalam melaksanakan pemerintahan dan pembangunan baik sumber daya alam ataupun sumber daya manusia," jelasnya.

Sementara itu Kepala UKL Disdukcapil Kecamatan Linggo Sari Baganti, Irvan Basten menjelaskan, pada inovasi layanan Pass Nikah kali ini penyerahan dokumen kependudukan dilakukan Kepala Dinas Dukcapil Pesisir Selatan, Evafauza Yuliasman berupa KTP-Elektronik baru yang sudah berstatus menjadi kawin tercatat serta Kartu Keluarga (KK) baru untuk pasangan pengantin serta KK keluarga pengantin.

"Kami dari UKL Disdukcapil Kecamatan Linggo Sari Baganti berterima kasih kepada Kepala Dinas Dukcapil Pesisir Selatan, Evafauza Yuliasman, Dt. M.A Tigo Lareh, SE. M.Si yang telah meluangkan waktu datang langsung ke Kecamatan Linggo Sari Baganti melaksanakan 'Inovasi Pass Nikah' ke rumah warga untuk menyerahkan dokumen kependudukan baru kepada pasangan pengantin. Semoga lnovasi Layanan ini bermanfaat bagi masyarakat dan dapat menjangkau seluruh wilayah Kecamatan Linggo Sari Baganti,"  jelasnya. (*)

Editor: Rahma Nurjana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

32 ASN Padang Panjang Terima Vaksin Booster

Kamis, 20 Januari 2022 | 21:13 WIB

1,9 Juta Pengaduan Masuk ke SP4N LAPOR

Kamis, 20 Januari 2022 | 19:15 WIB
X