Antusias Anak-anak di Nagari IV Koto Hilia Pesisir Selatan Belajar dan Membaca di Pondok Pustaka

Rahma Nurjana
- Kamis, 11 November 2021 | 10:35 WIB
Antusias Anak-anak di Nagari IV Koto Hilia Pesisir Selatan Belajar dan Membaca di Pondok Pustaka  (Foto: dok pesisirselatankab.go.id)
Antusias Anak-anak di Nagari IV Koto Hilia Pesisir Selatan Belajar dan Membaca di Pondok Pustaka (Foto: dok pesisirselatankab.go.id)

PESISIR SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Semakin hari, minat anak-anak di Nagari IV Koto Hilia, Kecamatan Batang Kapas, Pesisir Selatan mengunjungi pondok pustaka menunjukkan peningkatan. Setiap hari, pustaka yang berada di ruang terbuka tepatnya di sebelah kantor Wali Nagari IV Koto Hilia tersebut diramaikan oleh anak sekolah.

Di pondok pustaka tersebut, anak sekolah mulai dari tingkat SD, SLTP bahkan SMA berkumpul untuk mengerjakan tugas yang diberikan guru mereka dari sekolah.

"Hampir setiap hari, anak-anak berkunjung ke pustaka nagari ini. Ya, terkadang tempat ini penuh oleh mereka. Disini anak-anak bisa belajar santai dan mengerjakan tugas di ruang terbuka," jelas Yunda, staf pustaka Nagari IV Koto Hilia, dikutip dari pesisirselatankab.go.id, Kamis (11/11/2021).

Yunda menilai anak-anak lebih suka dan nyaman belajar di ruang terbuka pustaka nagari tersebut. Selain merasakan udara yang sejuk, hal lain yang membuat anak-anak tetap semangat dan antusias adalah mereka dapat berkumpul bersama teman-teman.

"Kadang mereka datang kesini sekadar mengerjakan tugas sekolah. Yang lain juga ada membaca. Kalau ada yang tanya-tanya kadang juga saya bimbing," terang Yunda.

Keberadaan pustaka yang terletak di sebelah kantor Wali Nagari IV Koto Hilia memberikan kontribusi positif bagi anak-anak di daerah itu. 

Waktu anak-anak tidak banyak terbuang sia-sia karena sepulang dari sekolah, sebagian mereka memang sudah memantapkan niat untuk mengunjungi pustaka.

Beragam buku bacaan dan pelajaran tersedia di pustaka nagari. Alhasil, anak-anak bisa menambah ilmu pengetahuan di luar pelajaran yang diberikan oleh guru mereka di sekolah.

Sementara, Wali Nagari IV Koto Hilia, Satria Darma Putra mengatakan dengan adanya pustaka nagari, diharapkan dapat dimanfaatkan oelh masyarakat setempat dengan sebaik-baiknya.

Halaman:

Editor: Rahma Nurjana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

22 JCH Padang Panjang Lakukan Vaksinasi Booster

Sabtu, 14 Mei 2022 | 21:50 WIB
X