Hasil Kerajinan Tangan Pemuda Jadi Cendera Mata bagi Pengunjung di Jembatan Pelangi Pesisir Selatan

Rahma Nurjana
- Kamis, 11 November 2021 | 11:14 WIB
Sekelompok anak muda di Kenagarian Salido Saribulan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan kompak berkarya melalui kerajinan tangan.
Sekelompok anak muda di Kenagarian Salido Saribulan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan kompak berkarya melalui kerajinan tangan.

PESISIR SELATAN, HARIANHALUAN.COM  - Sekelompok anak muda di Kenagarian Salido Saribulan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan kompak berkarya melalui kerajinan tangan.

Dengan sisa kayu bekas di perbukitan, mereka mencoba berinovasi untuk membuat berbagai macam bentuk hasil kerajinan. Ada yang berbentuk kalung, cincin, mainan kunci hingga gelas dan asbak rokok.

Setelah dipahat dan diukir sesuai dengan keinginan, sejumlah bentuk kerajinan yang dibuat diberi cat khusus kayu.

Hasil kerajinan tangan anak-anak muda yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) tersebut, rencananya bakal dijual kepada wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata unggulan di nagarinya, yaitu Jembatan Pelangi.

Gamma, salah pemuda pengrajin di Nagari Salido Saribulan mengatakan dengan boomingnya wisata jembatan pelangi di media sosial, pihaknya juga ingin menawarkan sesuatu bagi setiap wisatawan.

"Sebetulnya, ide ini adalah ide kami bersama dengan kawan-kawan. Banyak dari kami yang memiliki hobi membuat cincin, kalung dan mainan kunci dari kayu alam sekitar sini. Ditambah lagi, destinasi wisata di nagari kami juga sudah mulai ramai pengunjung," katanya, dikutip dari pesisirselatankab.go.id, Kamis (11/11/2021).

Gamma dan kawan-kawan berharap agar hasil kerajinan mereka dapat dibeli oleh pengunjung. Soal harga, pemuda itu menyebut sepenuhnya diserahkan kepada calon pembeli. 

Pasalnya, hasil kerajinan tersebut sebetulnya bukan terletak pada nilai uangnya tetapi dari cara orang menghargai hasil kerajinan yang mereka buat.

"Itu harga tidak kami tentukan. Ya, terserah yang mau beli saja, berapa," tambahnya.

Halaman:

Editor: Rahma Nurjana

Sumber: Rilis

Tags

Terkini

15 Warga Pariaman Bakal Dilatih Daur Ulang Sampah

Selasa, 18 Januari 2022 | 18:48 WIB

66 CPNS Solok Terima SK Pengangkatan PNS

Selasa, 18 Januari 2022 | 15:45 WIB
X