Ancaman Gempa dan Tsunami di Pesisir Pantai, 33 Sirine Standby di Sumbar

- Kamis, 11 November 2021 | 15:20 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar terus mengimbau masyarakat di provinsi itu agar waspada terhadap potensi gempa dan tsunami.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar, Rumainur mengatakan, potensi gempa dan tsunami masih menjadi ancaman nyata bagi masyarakat yang berada di pesisir pantai Sumbar.

Baca Juga: Sirine Peringatan Tsunami di Kota Pariaman, Yunaidi: Dua Berfungsi, Satu Rusak Parah 

"Kita juga mengimbau masyarakat agar tidak panik jika terjadi bencana gempa maupun tsunami sehingga dapat melakukan upaya mitigasi bencana untuk mengurangi potensi dampak risiko bencana," imbaunya.

Untuk itu, BPBD Sumbar terus mendorong masyarakat melalui berbagai kegiatan pelatihan indikasi bencana. Sehingga diharapkan dapat mengurangi risiko jika gempa dan tsunami terjadi.

Baca Juga: Tower Sirine Tsunami di Mentawai Ternyata Tak Berfungsi 

"Kita juga berharap masyarakat mencari informasi resmi terkait bencana tersebut seperti dari BMKG dan BNPB," imbaunya lagi.

Tak hanya itu, BPBD juga telah memastikan alat pendeteksi tsunami berfungsi dengan baik. Dari 36 sirine yang disiapkan sebanyak 33 sirine dalam kondisi baik, sedangkan 3 lainnya dalam kondisi tahap perbaikan.

"Saat ini BPBD juga memulai di kabupaten kota khususnya daerah yang memiliki pesisir pantai untuk menyiapkan shelter yang mumpuni baik dari segi kualitas maupun kuantitas," ujarnya. (*)

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

X