Waspada! Seluruh Wilayah Sumbar Rawan Potensi Bencana Longsor

- Kamis, 11 November 2021 | 16:15 WIB
Longsor di salah satu wilayah Sumbar.
Longsor di salah satu wilayah Sumbar.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Masih tingginya potensi hujan mendorong Provinsi Sumbar siaga situasi siaga bencana hingga Desember 2021. Puncak curah hujan tertinggi diprediksi terjadi yaitu, bulan November dan Desember.

Pada awal November 2021, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbar telah mencatat terjadi bencana pada sejumlah wilayah akibat tingginya curah hujan.

Baca Juga: Banjir dan Longsor di Pesisir Selatan, 7 Orang Dievakuasi

Diantaranya Kabupaten Dharmasraya, perbatasan Kabupaten Solok dan Kabupaten Solok Selatan, Kabupaten Pesisir Selatan, dan Kabupaten Limapuluh Kota.

Tak hanya di daerah tersebut, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar, Rumainur mengimbau daerah lain untuk waspada akan curah hujan tinggi karena dapat menimbulkan bencana banjir dan longsor.

Baca Juga: Longsor di Pasaman Barat, 40 KK Diungsikan, Satu Unit Rumah Tertimbun

"Bahwa dari informasi BMKG, puncak musim hujan mulai dari awal November sampai Desember. Pada awal November ini ada kejadian banjir bandang yang melanda satu titik nagari di Dharmasraya," ujar Rumainur.

Menurut Rumainur, hampir seluruh kabupaten kota memiliki potensi bencana. Namun saat ini yang menjadi catatan BPBD adalah Pariaman, Agam, Pasaman, Pasaman Barat, dan Limapuluh Kota.

Selain masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut, Rumainur juga mengimbau pengendara yang melewati kawasan bencana agar lebih berhati-hati jika memang melewati curah hujan tinggi dan memang harus melintasi kawasan yang berpotensi bencana.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

Bank Nagari Raih Laba Rp416,29 Miliar pada Tahun 2021

Minggu, 23 Januari 2022 | 17:49 WIB

Bantu Pemasaran UMKM, Pemkab Agam Bakal Bentuk BUMD

Minggu, 23 Januari 2022 | 07:26 WIB

Bupati Agam Hadiri Milad IKLA Provinsi Riau ke-21

Sabtu, 22 Januari 2022 | 19:15 WIB

Bulan K3 Nasional 2022, PLN Sumbar Serukan K3 Unggul

Jumat, 21 Januari 2022 | 20:30 WIB
X