Koruptor Dana Desa di Anambas Dituntut 2 Tahun 6 Bulan Penjara

Dodi Caniago
- Jumat, 12 November 2021 | 19:29 WIB
Sidang tuntutan terdakwa korupsi dana desa Tarempa Barat Daya Anambas. (Ist-Haluankepri.com)
Sidang tuntutan terdakwa korupsi dana desa Tarempa Barat Daya Anambas. (Ist-Haluankepri.com)

HARIANHALUAN.COM - Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut Iswandi, terdakwa penyalahgunaan Dana Desa di Desa Tarempa Barat, Anambas, Provinsi Kepri dengan hukuman2 tahun 6 bulan penjara.

 Baca Juga: Kasihan! Rumah Perani di Siak Ini Diduga Dibakar OTK

Kacabjari Tarempa, Roy Huffington Harahap mengatakan, dalam tuntutannya JPU menyatakan terdakwa Iswandi secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi.

Yakni dengan melanggar Pasal 3 jo Pasal 18 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana dirubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 65 ayat 1 ke-1 KUHP.

"JPU menuntut pidana terhadap terdakwa Iswandi dengan pidana penjara selama 2 tahun dan 6 bulan dikurangi selama terdakwa berada dalam tahanan sementara dengan perintah agar terdakwa tetap ditahan, dan denda sebesar Rp50 juta subsidair 3 bulan kurungan," ujar Roy seperti dikutip haluankepri.com.

Sekretaris Dana Desa Tarempa Barat itu, dihadapkan pada sidang di Pengadilan Negeri Tipikor Tanjungpinang, Kamis (11/10/2021).

Dikatakan, JPU menuntut uang pengganti terhadap kerugian keuangan negara Cq Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas sebesar Rp179.529.978 dibebankan kepada terdakwa.

Penggantian uang kerugian negara tersebut paling lama dalam waktu 1 bulan sesudah putusan pengadilan memperoleh kekuatan hukum tetap harus bisa dikembalikan.

Jika terdakwa belum membayar, maka harta bendanya disita oleh jaksa dan dilelang untuk menutupi uang pengganti tersebut, dalam hal terdakwa tidak mempunyai harta benda yang tidak mencukupi untuk membayar uang pengganti tersebut maka dipidana penjara selama 1 tahun.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Sumber: haluankepri.com

Tags

Terkini

15 Warga Pariaman Bakal Dilatih Daur Ulang Sampah

Selasa, 18 Januari 2022 | 18:48 WIB

66 CPNS Solok Terima SK Pengangkatan PNS

Selasa, 18 Januari 2022 | 15:45 WIB

Ingat! Satpol PP Padang Garda Terdepan Penegak Perda

Selasa, 18 Januari 2022 | 15:16 WIB
X