Disdukcapil Pesisir Selatan Turunkan Petugas Layani Pengaduan Input Data Vaksin Warga Bermasalah

Rahma Nurjana
- Minggu, 14 November 2021 | 07:35 WIB
Disdukcapil Pesisir Selatan Turunkan Petugas Layani Pengaduan Input Data Vaksin Warga Bermasalah (Foto: pesisirselatan.go.id)
Disdukcapil Pesisir Selatan Turunkan Petugas Layani Pengaduan Input Data Vaksin Warga Bermasalah (Foto: pesisirselatan.go.id)

PESISIR SELATAN, HARIANHALUAN.COM -- Untuk mendukung kelancaran pelaksanaan gebyar vaksin Covid-19 yang terus digencarkan di Kabupaten Pesisir Selatan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) setempat juga menurunkan petugasnya dalam melakukan pelayanan pengaduan masyarakat terkait permasalahan penggunaan Nomor Induk Kependudukan (NIK) saat melakukan vaksin.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Dukcapil Pesisir Selatan, Evafauza Yuliasman, dikutip dari pesisirselatan.go.id, Minggu (14/11/2021).

Dijelaskannya bahwa jika ditemukan NIK yang tidak terbaca oleh petugas penginput data vaksin Dinas Kesehatan, maka petugas Dinas Dukcapil yang diturunkan, akan langsung memproses pada sistem aplikasi pelayanan administrasi kependudukan (SIAK).

"Pelayanan pengaduan masyarakat terkait permasalahan penggunaan NIK itu juga telah dilakukan saat Gebyar Vaksinasi massal yang digelar oleh jajaran Polres Pesisir Selatan di Gedung Painan Convention Center (PCC) pada Kamis (11/1) kemarin," katanya.
 
Dia menjelaskan bahwa melalui Gebyar Vaksin yang dilakukan pada Kamis (11/11) itu, dari 721 orang yang telah divaksin, sebanyak 60 data bermasalah pada aplikasi Pcare.

"Dari jumlah data bermasalah itu, dinyatakan 100 persen kembali berhasil di input oleh aplikasi Pcare Dinas Kesehatan setelah sebelumnya diverifikasi oleh petugas yang diturunkan," jelasnya.

Dia juga berharap melalui upaya itu pencapaian vaksinasi Covid-19 di Pesisir Selatan akan terus meningkat persentasenya.

"Sebab masyarakat tidak memiliki keraguan lagi bila NIK nya tidak terbaca oleh petugas penginput data vaksin Dinas Kesehatan saat melakukan vaksin," tutupnya. (*)

Editor: Rahma Nurjana

Sumber: Rilis

Tags

Terkini

Gelar Rakerda, HIPMI Sumbar Bakal Bahas Ini

Minggu, 26 Juni 2022 | 09:23 WIB
X