Ramai Dikunjungi, Nagari IV Koto Hilia Pesisir Selatan Perluas Bangunan Pustaka Nagari

Rahma Nurjana
- Selasa, 16 November 2021 | 10:50 WIB
Nagari IV Koto Hilia Pesisir Selatan Perluas Bangunan Pustaka Nagari (Foto: pesisirselatankab.go.id)
Nagari IV Koto Hilia Pesisir Selatan Perluas Bangunan Pustaka Nagari (Foto: pesisirselatankab.go.id)

PESISIR SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Nagari IV Koto Hilia, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) memperluas bangunan pustaka nagari atau pondok baca yang selalu ramai dikunjungi anak-anak sekolah dan masyarakat.

Wali Nagari IV Koto Hilia, Satria Darma Putra menjelaskan pengembangan pustaka tersebut tidak lain demi kenyamanan pengunjung serta memelihara aset pustaka agar tetap aman.

"Pengembangan bangunan pustaka ini kita buat dengan menggunakan dana desa sebesar Rp25 juta. Kami membuat penyekatan dan krangkeng besi," jelas Satria, Minggu (14/11) di Batang Kapas.

Dengan perluasan bangunan itu, pondok pustaka Nagari IV Koto Hilia bakal mampu menampung jumlah kunjungan sebanyak 20 orang yang memiliki ukuran 6x10 meter. Selain itu, demi meningkatkan semangat literasi bagi masyarakat lokal, buku-buku yang ada tidak hanya dapat dibaca di pondok pustaka.

Tetapi, anak-anak dan masyarakat pun dapat meminjam buku di pustaka nagari untuk dibawa pulang. Pihaknya juga menyediakan kartu pustaka bagi masyarakat yang ingin meminjam buku.

Saat ini, jika dikalkulasikan lebih dari seribu buku bacaan tersusun rapi di rak buku pustaka. Jumlah buku tersebut semakin bertambah karena beberapa waktu terakhir Nagari IV Koto Hilia menerima bantuan dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) untuk tahun 2021 sebanyak 700 buah buku.

Selanjutnya, bantuan juga ditambah dengan 3 unit komputer dan rak buku.

"Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Perpusnas yang membantu nagari kami untuk literasi masyarakat yang lebih baik," jelasnya.

Satria menyebutkan pihaknya juga menyediakan salah seorang staf untuk pustaka nagari. Hal tersebut berguna agar pengelolaan pustaka dapat ditata lebih baik dan menambah pelayanan secara optimal di pondok baca itu.

Halaman:

Editor: Rahma Nurjana

Sumber: Rilis

Tags

Terkini

22 JCH Padang Panjang Lakukan Vaksinasi Booster

Sabtu, 14 Mei 2022 | 21:50 WIB
X