Pemnag Koto Rawang Pesisir Selatan Larang Keras Masyarakat Buang Sampah ke Sungai

Rahma Nurjana
- Selasa, 16 November 2021 | 11:32 WIB
Pemnag Koto Rawang Pesisir Selatan Larang Keras Masyarakat Buang Sampah ke Sungai (Foto: dok pesisirselatankab.go.id)
Pemnag Koto Rawang Pesisir Selatan Larang Keras Masyarakat Buang Sampah ke Sungai (Foto: dok pesisirselatankab.go.id)

PESISIR SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Nagari Koto Rawang, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan meminta masyarakat di daerah itu tidak membuang sampah secara sembarangan ke aliran sungai.

Untuk itu, pihak nagari mengimbau dan memasang spanduk larangan membuang sampah ke sungai. Spanduk larangan dipasang di Jembatan Gantung Koto Rawang yang setiap hari dilintasi masyarakat.

"Ini kita minta agar masyarakat lebih menjaga lingkungan sekitar tempat tinggal mereka agar sungai-sungai yang bersih di nagari kita tidak tercemar," jelas Derijol, selaku Wali Nagari Koto Rawang, dikutip dari pesisirselatankab.go.id, Selasa (16/11/2021).

Secara lisan dan diberbagai kegiatan dan kesempatan saat bertemu warga, Derijol juga selalu mengajak dan mengimbau masyarakat untuk bersama menjaga lingkungan sungai.

Kebiasaan membuang sampah secara sembarangan menurutnya harus dihentikan sebelum kondisi sungai rusak da bertambah parah.

"Sebelumnya, kita menemukan sejumlah sampah berserakan dan dibuang ke aliran sungai. Tentunya hal ini tidak akan kami biarkan, kami harus memberikan pemahaman masyarakat untuk pentingnya menjaga lingkungan sungai," tambahnya.

Pemerintah nagari melarang masyarakat untuk tidak membuang sampah baik dibawah jembatan maupun di sepanjang aliran sungai di nagari setempat karena hal tersebut akan berdampak tidak baik terhadap lingkungan sungai dan menimbulkan  pencamaran dari sampah-sampah makanan maupun sampah busuk yang dibuang tidak pada tempatnya.

Derijol menegaskan upaya untuk menjaga lingkungan tersebut harus didukung bersama-sama oleh seluruh masyarakat karena semua itu pada intinya juga untuk kebaikan bersama. (*)

Editor: Rahma Nurjana

Sumber: Rilis

Tags

Terkini

Pemko Pariaman Cek Kelayakan Kendaraan Dinas

Senin, 24 Januari 2022 | 17:47 WIB

Capaian Vaksin di Tanah Datar Mencapai 68 Persen

Senin, 24 Januari 2022 | 15:27 WIB

Wako Genius Umar Motivasi Siswa SMAN 5 Pariaman

Senin, 24 Januari 2022 | 14:50 WIB

Capaian Vaksinasi Dosis Kedua di Solsel 46 Persen

Senin, 24 Januari 2022 | 14:17 WIB
X