PLN UIW Sumbar Pastikan Tak Ada Pemadaman Listrik Bergilir

Nova Anggraini
- Rabu, 17 November 2021 | 16:52 WIB
Manager Operasi dan Pemeliharaan Sistem Distribusi PLN UIW Sumbar Rudi Hamiri PLN memastikan lisrik Sumbar aman.
Manager Operasi dan Pemeliharaan Sistem Distribusi PLN UIW Sumbar Rudi Hamiri PLN memastikan lisrik Sumbar aman.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - PLN UIW (Unit Induk Wilayah) Wilayah Sumbar memastikan tidak ada pemadaman listrik bergilir di berbagai daerah di Sumatera Barat. Jika terjadi listrik padam itu murni karena PLN sedang melakukan perawatan jaringan atau karena faktor alam, misalnya bencana dan sebagainya. Perawatan jaringan penting agar pelanggan PLN mendapat layanan maksimal dan tidak dirugikan.

"Sistem kelistrikan Sumbar secara keseluruhan sangat aman, jika pun Sumbar bermasalah, ada interkoneksi dari Riau dan Sumatera Selatan yang siap menyuport kelistrikan Sumbar. Jadi PLN memastikan lisrik Sumbar aman, ada 90 MW cadangan listrik kita yang standby, dan kami pastikan tidak ada pemadaman bergilir," ujar Manager Operasi dan Pemeliharaan Sistem Distribusi PLN UIW Sumbar Rudi Hamiri, Rabu (17/11), di Padang.

Rudi menjelaskan, pemadaman listrik yang terjadi di sejumlah lokasi dan wilayah di Sumbar bukan pemadaman bergilir. "Dapat saya jelaskan bahwa pemadaman itu dapat terjadi karena 2 hal, yaitu pemadamn terencana dan yang tidak terencana. Yang terencana adalah untuk menjaga keandalan ketersediaan listrik, misalnya untuk kegiatan mengganti alat dan sebagainya. Sementara yang tidak terencana karena gangguan alam, misalnya cuaca buruk, pohon tumbang dan lainnya," katanya.

Terkait penjelasan oleh Manager Operasi dan Pemeliharaan Sistem Distribusi PLN UIW Sumbar Rudi Hamiri itu, Deputy Manager Komunikasi PLN UIW Sumbar Yeni Rafii mengharapkan masyarakat Sumatera Barat tak perlu resah dengan informasi yang beredar bahwa ada pemadaman listrik bergilir oleh PLN.

"PLN yang sekarang bukan PLN yang dulu, kami kini sudah jauh lebih baik dan akan memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat," jelasnya.

Sebelumnya PLN menyampaikan informasi melakukan pemadaman listrik di sejumlah daerah di Sumatra Barat (Sumbar), Senin (8/11/2021) hingga Minggu (14/11/2021). Pemadaman ini berkaitan dengan pemeliharaan jaringan 20 kv (kilovolt) di wilayah kerja PLN UIW (Unit Induk Wilayah) Sumbar.

"Kami menyebut pemadaman ini bukan pemadaman bergilir, tapi pemadaman untuk meningkatkan keandalan listrik Sumatera Barat terkait kegiatan pemeliharaan jaringan, kalau tidak dipelihara justru masyarakat akan rugi. Semoga masyarakat paham, karena pemadaman ini harus dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kami kepada masyarakat," kata Yeni lagi.(*)

 

Editor: Nova Anggraini

Tags

Terkini

22 JCH Padang Panjang Lakukan Vaksinasi Booster

Sabtu, 14 Mei 2022 | 21:50 WIB
X