Pedagang Ikan di Payakumbuh Manfaatkan JKN-KIS Kontrol ke Puskesmas

- Kamis, 18 November 2021 | 11:18 WIB
Pedagang ikan di Payakumbuh manfaatkan JKN-KIS kontrol ke Puskesmas
Pedagang ikan di Payakumbuh manfaatkan JKN-KIS kontrol ke Puskesmas

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Salah seorang pedagang ikan segar di pasar Tradisional Ibuh bernama Elvio (33), mengalami penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi). Jadi secara rutin dirinya menggunakan JKN-KIS untuk kontrol ke puskesmas tempat ia terdaftar dan karena beberapa hari kemarin sempat flu dan batuk jadi ia semakin sering memanfaatkan kartu JKN-KIS-nya.

Menurut pengakuan Elvio baru-baru ini, selama menggunakan JKN-KIS ia tidak merasa ada kesulitan baik itu dari segi administrasi maupun pelayanan tetap sama seperti pasien yang lainnya dan tetap diarahkan apa saja yang dibutuhkan untuk berobat ke rumah sakit dan mendapat penjelasan alur pelayanan.

Baca Juga: JKN-KIS Membantu Nofriski Berjuang Hadapi Penyakit Lupus

“Pekan lalu saya membuktikan sendiri waktu di RSUD, dalam segi pengurusan administrasi sesuai prosedur tidak ada kendala, petugas kesehatan juga tidak membedakan dengan pasien umum lainnya. Pelayanan yang diberikan fasilitas kesehatan juga baik, antrean tidak terlalu ramai, alurnya juga cukup mudah. Awalnya dari saya memasuki ruangan, saya diarahkan petugas untuk menyerahkan kartu, lalu menunggu beberapa menit untuk perawat mengecek tensi darah, sesudah itu saya menulis nomor kartu JKN-KIS, kemudian saya dipersilahkan menunggu antrean dan langsung melakukan pemeriksaan pada dokter yang bertugas di hari itu dan terakhir diberikan obatnya," katanya.

Karena telah memanfaatkan kartu JKN-KIS itu dirinya juga berharap kepada BPJS Kesehatan agar Program JKN-KIS dapat tetap berlangsung membantu masyarakat Indonesia serta pelayanan yang sudah baik ini bisa semakin ditingkatkan ke arah yang lebih baik lagi.

Baca Juga: Emniwati Senang, Operasi Tukak Lambungnya Dibiayai JKN-KIS

“Karena menjadi peserta JKN-KIS tidak ada ruginya malah menguntungkan kita sendiri. Belum ada saya melihat masalah komplen perbedaan pelayanan antara peserta JKN-KIS dengan pasien umum lainnya. Malah kebanyakan masyarakat terharu karena seluruh biaya pengobatan ditanggung oleh BPJS Kesehatan terhadap peserta yang mengikuti program JKN-KIS. Terimakasih BPJS Kesehatan, karena banyak masyarakat merasakan manfaatnya,” tukas Elvio. (*)

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

32 ASN Padang Panjang Terima Vaksin Booster

Kamis, 20 Januari 2022 | 21:13 WIB

1,9 Juta Pengaduan Masuk ke SP4N LAPOR

Kamis, 20 Januari 2022 | 19:15 WIB
X