Mengancam Nyawa Warga, Buaya Muara Dievakuasi Tim TRC

Dodi Caniago
- Jumat, 19 November 2021 | 01:30 WIB
 Tim TRC Damkar Inhil mengevakuasi buaya yang ditangkap. (Ist-haluanriau.co)
Tim TRC Damkar Inhil mengevakuasi buaya yang ditangkap. (Ist-haluanriau.co)

HARIANHALUAN.COM - Buaya Muara dengan tubuh cukup besar yang mengancam nyawa warga, akhirnya dapat dievakuasi Tim TRC Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan (DPKP) kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Kamis (18/11).

Baca Juga: Penggusuran di Pasar Agus Salim, Pedagang: Kami Hanya Cari Makan!

Kadis Damkar Inhil Ediwan Shasby menjelaskan, tim TRC Damkar mengamankan seekor Buaya di desa Sialang Panjang, kecamatan Tembilahan Hulu, Riau.

Sebelum operasi lebih dulu dilakukan brefing yang dipimpin langsung Kadis Damkar. untuk mengambil. Langkah-langkah penanganan evakuasi mengingat hewan buaya muara ini cukup besar sementara 15 aliran sungai (parit) yang menjadi titik lokasi keberadaan buaya yang sering menampakkan diri.

"Tim TRC Damkar kita bergerak langsung mendapat informasi bahwa masyarakat resah terhadap sering kemunculan Buaya di muara sungai Sialang Panjang," jelasnya.

Regu TRC Damkar beranggotakan lebih kurang 25 orang didamping Pengawas.Tim EMS/Emergency Medical Service/ Medis sebanyak 3 orang.

Ia juga mengatakan sebelumnya mengkoordinasikan dulu dengan aparat desa Sialang Panjang, dan Babinkamtibmas Sialang panjang Aipda Ridho Warsika guna mempersiapkan Operasi penangkapan dan evakuasi Buaya.

Proses penangkapan buaya berjalan lebih kurang 8 jam dan beberapa kali mengalami kegagalan karena buaya yang ditangkap cukup besar. Tim terus melakukan pencarian sampai malam hari.

"Kurang lebih 8 jam tim kita menyisir sungai, dan juga berberapa kali mengalami kegagalan, Buayanya cukup besar panjang lebih kurang 4.5 M. lebar 60- 70 Cm dan berat sekitar 500 kg," jelasnya.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Tags

Terkini

X