'Tangan Kanan' Wakil Presiden AS Kamala Harris Mundur dari Gedung Putih

Nova Anggraini
- Sabtu, 20 November 2021 | 02:15 WIB
Kamala Harris
Kamala Harris

WASHINGTON, HARIANHALUAN.COM - Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris kehilangan direktur komunikasinya Ashley Etienne. Benarkah rumor bahwa Gedung Putih sedang pecah?

Etienne yang merupakan mantan penasihat senior Partai Demokrat itu meninggalkan Gedung Putih setelah laporan ketegangan antara Wakil Presiden Harris dan Presiden Joe Biden.

“Etienne meninggalkan kantor pada bulan Desember untuk mengejar peluang lain," ujar seorang pejabat Gedung Putih kepada CNN pada Kamis (18/11/2021).

Dia datang ke tim wakil presiden dari kampanye Biden, saat dia menjadi penasihat senior. Pengalaman sebelumnya termasuk bekerja untuk Presiden Barack Obama dan Ketua DPR saat ini Nancy Pelosi (Partai Demokrat California), ketika dia menjadi pemimpin ketua DPR minoritas.

Secara resmi, kepergian Etienne diperkirakan pada akhir tahun. Namun, rumor itu muncul setelah apa yang Vanity Fair gambarkan sebagai, "Serangkaian cerita tentang pertikaian dan moral rendah di kantor wakil presiden pekan ini, dan jajak pendapat menunjukkan Harris bahkan kurang populer daripada Biden.”

Pada Senin, CNN melaporkan, “Kesabaran para ajudan Sayap Barat, yang terganggu oleh disfungsi yang mengakar dan kurangnya fokus dari staf wakil presiden, semakin menipis.”

Menyusul laporan CNN tentang dugaan ketegangan antara Biden dan para ajudan Harris, Kepala Staf Gedung Putih Ron Klein dan Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki sama-sama mendukung Harris.

Psaki menuduh bahwa kritik terhadap Harris terutama didorong oleh rasisme dan seksisme.

Harris sebelumnya merupakan senator dari California. Dia mencoba mencalonkan diri sendiri untuk nominasi presiden Partai Demokrat 2020, tetapi keluar sebelum pemilihan pendahuluan pertama di tengah jajak pendapat yang kurang kuat.

Harris terkenal berselisih dengan Biden karena dia bekerja dengan senator "segregasionis" selama salah satu debat awal. Namun kemudian Harris mendukung Biden pada Maret dan dipilih sebagai pasangannya pada Agustus.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: sindonews.com

Tags

Terkini

Cara Merawat Budaya Nagari di Sumbar, Ini Solusinya

Senin, 17 Januari 2022 | 12:46 WIB

Hasil Perikanan Konsumsi Terbesar di Sumbar

Senin, 17 Januari 2022 | 12:34 WIB

Bocah 9 Tahun Diterkam Buaya di Lubuk Basung

Senin, 17 Januari 2022 | 11:46 WIB

Hari Ini, Sumbar Berpotensi Dilanda Hujan Ringan

Senin, 17 Januari 2022 | 09:45 WIB

Pemerintah Beli 6 Juta Dosis Vaksin Sinovac

Senin, 17 Januari 2022 | 03:25 WIB
X