Maraknya Kasus Kekerasan Seksual, LKAAM Sumbar Angkat Bicara

- Senin, 22 November 2021 | 18:24 WIB
Ilustrasi kekerasan seksual pada perempuan (istimewa)
Ilustrasi kekerasan seksual pada perempuan (istimewa)

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumatra Barat, Datuak M. Sayuti menilai terjadinya fenomena maraknya kasus kekerasan seksual terhadap anak di bawah umur tidak terlepas dari pudarnya peranan mamak dalam masyarakat belakangan ini.

Hal ini sesuai laporan kasus yang diterima Polresta Padang, sebanyak 85 kasus, terhitung sejak Januari hingga November 2021. Artinya meningkat 100 persen.

"Dalam kebudayaan Minangkabau, terdapat ungkapan anak dipangku kemenakan dibimbing dan ini yang sudah mulai hilang dalam masyarakat kita hari ini. Jangankan peran mamak, hari ini pun kadang orang tua ada yang mulai tidak peduli dan kurang memperhatikan anak-anak mereka karena kesibukan mencari uang," ujarnya pada Senin (22/11/2021).

Menurutnya, untuk meminimalisir agar tindakan pelecehan seksual tidak kembali terulang, yang tentu saja mencoreng wajah masyarakat Minangkabau yang dikenal sebagai masyarakat yang menjunjung tinggi adat dan agama.

Datuak Sayuti meminta agar peranan dan pengawasan Tungku Tigo Sajarangan dapat kembali diaktifkan dalam kehidupan masyarakat Minangkabau.

"Dalam kebudayaan Minangkabau, berkurangnya peranan Tungku Tigo Sajarangan, akan menyebabkan terjadinya ketidak seimbangan yang akan melahirkan bencana, seperti kejadian pencabulan yang sangat memalukan ini.

"Pemerintah harus kembali melakukan pendekatan kepada masyarakat tentang adat istiadat, kembali kepada petuah kearifan lokal Minangkabau. Itukan yang berbuat cabul mayoritasnya orang minang yang sudah tidak mengenal adat istiadat minangkabau, sudah tercabut dari akarnya,’’ ucap Sayuti. (*)

Editor: Jefli Bridge

Tags

Terkini

Unit Provost Satpol PP Padang Bakal Dibubarkan

Kamis, 20 Januari 2022 | 15:48 WIB

Pj Sekda Padang Bertugas Hingga Ada yang Definitif

Rabu, 19 Januari 2022 | 08:45 WIB

Ingat! Satpol PP Padang Garda Terdepan Penegak Perda

Selasa, 18 Januari 2022 | 15:16 WIB
X