Kejari Padang Berhasil Selamatkan Rp50 juta Kerugian Negara 

- Senin, 22 November 2021 | 18:30 WIB
Kejari Padang Berhasil Selamatkan Rp50 juta Kerugian Negara 
Kejari Padang Berhasil Selamatkan Rp50 juta Kerugian Negara 

PADANG, HARIANHALUAN.COM- Kejaksaan Negeri (Kejari) Padang berhasil mengembalikan kerugian keuangan negara sebesar Rp50.000.000 untuk pembayaran denda dari terpidana Aritsu Mughni Al Haadi dari hasil perkara penyogokan yang dilakukan gembong narkoba. Senin, (22/11/2021).

Atas kasus menerima uang dalam perkara narkotika jenis sabu, Pria berusia 26 tahun ini dijerat dengan hukuman 1 tahun 4 bulan dan apabila pidana denda tidak dibayar, maka diganti dengan pidana kurungan selama satu bulan.

Dugaan suap tersebut dalam perkara yang melibatkan gembong narkoba kelas kakap Yasin Yusuf, yang saat ini berstatus sebagai terpidana dengan dakwaan kasus pidana umum narkotika jenis sabu.

Dirinya dijerat pasal 11 UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas UU Nomor 8 Tahun 1981 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Kajari Padang Ranu Subroto melalui Kasi Pidsus Therry Gutama kepada media Senin (22/11) mengatakan, pengembalian kerugian negara telah disetor Kejari Padang ke kas negara melalui Bank BNI.

"Kejari Padang senantiasa berupaya intens menegakkan supremasi hukum di Kota Padang dengan mengungkap kasus - kasus tindak pidana korupsi (tipikor) dengan baik tanpa adanya kegaduhan," kata Therry Gutama

Ia menambahkan, Kejari Padang juga berkosentrasi untuk berupaya mengembalikan kerugian keuangan negara melalui para terpidana dengan cara persuasif. 

"Jika terpidana tidak ada iktikad baik dalam mengembalikan keuangan negara ucap Therry, maka aset yang dimiliki terpidana akan disita sebagai jaminan untuk membayar kerugian keuangan negara," ujarnya.

Therry juga bersyukur karna terpidana punya iktikad baik untuk mengembalikan keuangan negara secara tunai kepada Kejari Padang. Tadi juga langsung di setor tunai oleh Kasubsi Penuntutan dan Eksaminasi Liranda Mardhatillah kepada Bank BNI untuk dimasukkan ke kas negara.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Terkini

Unit Provost Satpol PP Padang Bakal Dibubarkan

Kamis, 20 Januari 2022 | 15:48 WIB

Pj Sekda Padang Bertugas Hingga Ada yang Definitif

Rabu, 19 Januari 2022 | 08:45 WIB

Ingat! Satpol PP Padang Garda Terdepan Penegak Perda

Selasa, 18 Januari 2022 | 15:16 WIB
X