Polresta Padang Imbau Masyarakat Tingkatkan Pengawasan dan Kontrol Anak

- Senin, 22 November 2021 | 21:30 WIB
Kombes Pol Imran Amir
Kombes Pol Imran Amir

PADANG, HARIANHALUAN.COM- Polresta Padang mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk meningkatkan pengawasan dan kontrol terhadap anak-anak yang masih berada dibawah umur, terkait dengan pengungkapan kasus kekerasan seksual yang menyasar anak dibawah umur.

"Berdasarkan banyaknya kasus kekerasan seksual yang menyasar anak Perempuan maupun laki-laki dibawah umur, tidak hanya dibutuhkan pengawasan dari keluarga, namun juga dibutuhkan pengawasan dari lingkungan tempat tinggal, mengingat  banyaknya kasus kekerasan yang melibatkan keluarga terdekat sebagai pelaku," ujarnya Kapolresta Padang Kombes Pol Imran Amir S.Ik.MH kepada wartawan pada saat konferensi pers di Mako Polresta Padang, Senin (22/11/2021).

Imran juga mengatakan untuk mencegah berulangnya kejadian serupa, pihaknya juga mengaku telah mengaktifkan deteksi dini dan pengawasan melalui unit-unit perlindungan anak dan perempuan yang ada di setiap Polsek yang ada di Kota Padang. 

"Kami akan terus melakukan pemantauan dan pengawasan, jika ada laporan ataupun aduan mengenai anak korban kekerasan seksual akan segera kami tindak lanjuti dan pastikan bahwa korban mendapatkan keadilan serta proses rehabilitasi yang layak," ujarnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Pria yang juga bergelar Datuk Rajo Nan Sati Ini juga mengungkapkan bahwa dalam rentang waktu bulan Januari hingga November, pihaknya telah berhasil menangani sebanyak 85 kasus kekerasan seksual yang menyasar anak dibawah umur, rata-rata pelaku menurutnya didominasi oleh orang-orang terdekat dengan korban yang berasal dari lingkungan keluarga.

"Para pelaku kekerasan seksual terhadap anak yang berhasil kami amankan pada umumnya berada di rentang usia 45 hingga 70 tahun dengan status sebagai ayah, kakek, paman hingga tetangga dekat dari korban , sedangkan pada kasus terakhir ini, kami juga berhasil mengamankan dua orang pelaku dibawah umur yang saat ini telah dinyatakan sebagai Anak Berhadapan Dengan Hukum (ABH), "ujar Imran

Penanganan kepada anak dibawah umur pelaku kekerasan seksual yang telah dinyatakan sebagai ABH tersebut menurutnya saat ini telah dikoordinasikan dengan OPD terkait dan kepada dua orang anak tersebut saat ini telah dilakukan proses rehabilitasi. (*)

Editor: Jefli Bridge

Terkini

Unit Provost Satpol PP Padang Bakal Dibubarkan

Kamis, 20 Januari 2022 | 15:48 WIB

Pj Sekda Padang Bertugas Hingga Ada yang Definitif

Rabu, 19 Januari 2022 | 08:45 WIB

Ingat! Satpol PP Padang Garda Terdepan Penegak Perda

Selasa, 18 Januari 2022 | 15:16 WIB
X