Jadi Tersangka Dugaan Pencabulan, SH Masih Jabat Dekan FISIP UNRI

Dodi Caniago
- Rabu, 24 November 2021 | 00:33 WIB
SH,  oknum Dekan FISIP  UNRI
SH, oknum Dekan FISIP UNRI

HARIANHALUAN.COM -Pihak Rektorat Universitas Riau (UNRI), belum mengambil tindakaan apapun. Kendati SH, oknum Dekan FISIP telah ditetapkan Polda Riau sebagai tersangka kasus dugaan pencabulan terhadap mahasiswi,  dia masih  dipertahankan sebagai Dekan.

Baca Juga: Tersangka Dugaan Pelecehaan Seksual , Dekan FISIP UNRI Pulang ke Rumah Usai Diperiksa
Pihak rektorat belum berani mencopot jabatan SH, karena berlindung dibalik aturan yang mengatur terkait aparatur sipil negara.

Demikian disampaikan Sujianto kepada awak media dalam gelaran konferensi pers yang dilaksanakan di Ruangan Kunto Darussalam, Lantai 2 Gedung Rektorat UNRI, Selasa (23/11). Saat itu, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan UNRI itu didampingi Kasubbag Humas Rioni Imron.

Dikatakan Sujianto, terkait pencopotan SH selaku Dekan FISIP UNRI, itu mengacu kepada aturan tentang ASN. Di antaranya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 tahun 2010 dan PP Nomor 94 tahun 2021.

Dua aturan tersebut mengatur tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil. Juga mengacu pada PP Nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen PNS, dan Permendikbudristek Nomor 81 tahun 2017 tentang Statuta Universitas Riau.

"Jadi kami tidak bisa melakukan, serta merta itu terjadi, langsung kami anu kan (copot,red). Itu tidak bisa, karena kita mengacu pada aturan-aturan," ujar Sudjianto, dikutip dari haluanriau.co.

Pihak rektorat, lanjut dia, terus berkomunikasi dengan pihak terkait guna memecahkan persoalan tersebut. Salah satunya dengan Biro SDM Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud ristek).

Kepadanya disampaikan, jika nantinya polisi melakukan penahanan terhadap SH dan dihadapkan ke persidangan, bagaimana dengan nasib mahasiswa yang bimbingan skripsi dengannya, Sujianto memberikan jawabannya.

"Untuk mahasiswa bimbingan beliau, silakan mahasiswa itu mengajukan perubahan pembimbing. Kepada siapa? Kepada Ketua Jurusan, tapi mengajukan surat supaya terdokumentasi," jelas Sujianto.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Sumber: haluanriau.co

Tags

Terkini

X