3 Besar Pengelolaan Publik Tingkat Sumbar, PPID Kota Pariaman Presentasi di Depan KI

- Kamis, 25 November 2021 | 21:50 WIB
Pengarah PPID Kota Pariaman, Yota Balad, saat pemaparan di depan KI.
Pengarah PPID Kota Pariaman, Yota Balad, saat pemaparan di depan KI.

 

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - PPID Kota Pariaman presentasi di depan Komisi Informasi Sumbar, setelah masuk 3 besar pengelolaan informasi publik terinformatif tingkat Sumbar, di Hotel ZHM Premiere Kota Padang, Kamis (25/11-2021).

PPID Kota Pariaman bersaing dengan Kabupaten Pesisir Selatan dan Kota Padang Panjang untuk meraih predikat pertama terinformatif.

Yota Balad, sebagai pengarah PPID Kota Pariaman diantara paparanya, bahwa setiap badan publik yang dibiayai pemerintah, wajib untuk membuka seluasnya setiap informasi publik kepada masyarakat.

Baca Juga: Padang Panjang Terima Tiga Penghargaan Kota Sehat

Hal tersebut agar pemerintah dan masyarakat bersama-sama berkolaborasi dalam menentukan kebijakan publik, sesuai dengan regulasi yang sudah diatur dalam UU no 14 tahun 2018.

“Dalam menuhi amanat undang-undang tersebut, dan sesuai dengan visi dan misi walikota Pariaman, maka PPID Kota Pariaman berkomitmen untuk mewujudkan Keterbukaan Informasi publik.

Terkait hal tersebut, didukung Peraturan Wali kota Pariaman (Perwako) Peraturan Daerah (Perda), dan menyiapkan anggaran keuangan yang memadai serta meningkatkan kemampuan SDM dalam menyelenggarakan keterbukaan informasi.

Keterbukaan informasi untuk pubik dilakukan agar tata kelola pemerintahan berjalan transparan dan bertanggungjawab, dengan penerapan prinsip-prinsip akuntabilitas, transparansi, supremasi hukum juga melibatkan partisipasi masyarakat dalam setiap proses kebijakan publik.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Tags

Terkini

Kota Sawahlunto Dapat Dua Penghargaan dari JKPI

Sabtu, 4 Desember 2021 | 19:11 WIB

Wakapolda Tinjau Sumdarsin di Polda Sumbar

Sabtu, 4 Desember 2021 | 18:43 WIB

Perguruan Thawalib Peringati Hari Disabilitas

Sabtu, 4 Desember 2021 | 12:44 WIB

Gubernur Sumbar Resmikan Surau Al-Ikhlas Taluak Agam

Sabtu, 4 Desember 2021 | 09:32 WIB
X