Kota Pariaman Raih 2 Penghargaan dari Kemenkes RI

- Kamis, 25 November 2021 | 23:49 WIB
Sekda Kota Pariaman dengan penghargaan yang diterima.
Sekda Kota Pariaman dengan penghargaan yang diterima.

 

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Kota Pariaman meraih 2 Penghargaan pada Penganugerahan Penghargaan Kabupaten Kota Sehat tingkat Nasional dan Provinsi, Stop BABS (Buang Air Besar Sembarangan), STBM Award, TPP yang menerapkan Protokol Kesehatan dan Terminal Sehat.

Kegiatan tersebut digelar Kementerian Kesehatan RI melalui Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, di Auditorium Gubernur Sumbar, Kamis (25/11-2021).

Dua penghargaan itu, Terminal Sehat, Kategori tipe A dari Kementerian Kesehatan, dan Penghargaan Swasti Saba Kategori Wiwerda dari Provinsi Sumatera Barat.

Penghargaan itu diserahkan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audi Joinaldy,
diterima Sekretaris Daerah Kota Pariaman, Yota Balad.
Ada 4 Tatanan penilaian untuk naik ketingkat Wiwerda, yaitu tatanan kehidupan masyarakat sehat mandiri, tatanan kawasan permukiman, tatanan sarana lalu lintas tertib dalam pelayanan transportasi sehat, serta tatanan kawasan pariwisata sehat.

Dikatakan, Kota Pariaman sudah dua kali meraih Penghargaan Swasti Saba Padapa (Kategori Taraf Pemantapan) dari Kementerian Dalam Negeri RI dan Kementerian Kesehatan RI, tahun 2013 dan tahun 2019.

Penghargaan itupun terbagi dalam tingkatan Pemantapan (Padapa), Pembinaan (Wiwerda) dan yang tertinggi Pengembangan (Wistara).

Penghargaan Swasti Saba, dua tahun sekali dilaksanakan oleh Kemendagri dan Kemenkes, untuk Kota/Kabupaten, yang berhasil menyelenggarakan program tatanan yang ada dalam program Kabupaten Kota Sehat.

Diharapkan dengan penghargaan yang diperoleh menjadi motivasi untuk lebih baik lagi ke depan, kata Yota Balad. (*).

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Tags

Terkini

Wako Fadly Amran Sampaikan Ranperda APBD 2022

Jumat, 26 November 2021 | 22:30 WIB

Bupati Agam Lepas 40 Bibit Ikan di Launching Baganang

Jumat, 26 November 2021 | 16:45 WIB

PLN Resmikan Lisdes di Empat Desa Kabupaten Agam

Jumat, 26 November 2021 | 16:10 WIB

Polda Sumbar Kembali Buka Gebyar Vaksinasi Sabtu Depan

Jumat, 26 November 2021 | 12:30 WIB
X