Dinas Sosial Ajak Seluruh Warga Daftarkan Diri Sebagai Peserta BPJS Kesehatan

- Jumat, 26 November 2021 | 17:57 WIB
Kepala Dinas Sosial Kota Payakumbuh, Erwan
Kepala Dinas Sosial Kota Payakumbuh, Erwan

PAYAKUMBUH, HARIANHALUAN.COM - Kepala Dinas Sosial Kota Payakumbuh, Erwan mengajak seluruh warga kota untuk mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Kesehatan. Jaminan kesehatan untuk diri dan keluarga, sangat penting.

Dinas Sosial mencatat, saat ini sudah lebih dari 114 ribu warga Kota Payakumbuh terdaftar sebagai peserta program BPJS Kesehatan. Baik peserta mandiri, Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan dari pemerintah pusat, provinsi dan Kota Payakumbuh.

Dikatakannya, tinggal beberapa persen lagi warga Kota Payakumbuh mendaftar sebagai peserta JKN-KIS maka, Kota Payakumbuh di Provinsi Sumatera Barat, akan masuk sebagai salah satu daerah yang Universal Health Coverage (UHC). Diharapan, UHC bisa tercapai dalam waktu ini.

Erwan, menyebut berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Daerah untuk mengajak dan menghimbau warga Kota bergabung menjadi peserta BPJS Kesehatan. Bagi keluarga kurang mampu atau miskin diberikan kesempatan oleh pemerintah Kota mendaftar sebagai peserta PBI JK. "Cukup melaporkan kekelurahan dengan membawa syarat-syarat, kemudian nanti akan kita proses," sebut Erwan.

Tidak saja bagi masyarakat kurang mampu dan miskin, namun juga bagi warga yang memiliki rentan ekonomi apalagi di tengah pendemi covid-19 yang memporak porandakan sendi-sendi kehidupan tidak terkecuali ekonomi.

"Untuk yang rentan secara ekonomi juga silakan datang kekantor lurah," sebutnya.

Dia menyebut hampir setiap hari ada warga yang terus mengurus masuk program JKN-JIS dari keluarahan. Dan Dinas Sosial juga melakukan asesmen terhadap penerima bantuan program JKN-KIS yang dibayarkan pemerintah Kota. Namun, demikian Pemerintah Kota terus akan memberikan yang terbaik untuk melindungi warganya terutama terkait jaminan kesehatan.

Disampaikan Erwan, selama kuoata masih tersedia dari anggaran APBD Kota Payakumbuh, maka pemerintah daerah terus akan memasukkan masyarakat sebagai peserta program JKN-KIS.

"Selama masih ada tersisa kuoata, kita akan terus dorong masyarakat untuk memasukkan syarat kelengkapan pengurusan kartu BPJS Kesehatan. Tugas kita menerima usulan dari lurah kemudian kita asesmen dan diteruskan ke Dinas Kesehatan, maka Dinas kesehatanlah yang menentukan," ucap Erwan.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

X