Belajar dari Kasus Nirina Zubir, Jangan Pernah Percayakan Sertifikat ke Orang Lain

Nova Anggraini
- Minggu, 28 November 2021 | 02:55 WIB
sertifikat, ilust.
sertifikat, ilust.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan A. Djalil mengimbau para pemilik tanah agar tidak mudah percaya terhadap orang lain dalam pengurusan sertifikat tanah, seperti yang dialami artis Nirina Zubir.

“Walaupun Nirina korban, tapi Nirina juga sekarang menjadi public educator. Ia mengedukasi masyarakat, kalau punya sertifikat jangan mudah percayakan kepada orang,” kata Sofyan dalam keterangannya, Jumat, 26 November 2021.

Sofyan mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo atau Jokowi sudah memerintahkan agar memerangi mafia tanah. Kementeriannya juga terus mengantisipasi agar ke depannya tidak ada masyarakat yang menjadi korban, seperti Nirina.

Di samping itu, kata Sofyan, Kementerian ATR terus menerus melakukan perbaikan sistem administrasi di kantor-kantor pertanahan. Salah satunya dengan menggencarkan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di daerah. Dengan teknologi yang terus diperbarui, Sofyan mengatakan data bidang tanah dilakukan digitalisasi. Sehingga menjadi sangat lengkap dan meminimalisir terjadinya pemalsuan.

Sofyan menargetkan pada 2025, seluruh tanah terdaftar dengan teknologi yang ada sekarang. “Kita punya namanya koordinat dan lain-lain, sehingga kalau seluruh tanah sudah terdaftar maka praktik yang seperti itu akan berkurang,” ujarnya.

Sofyan juga menegaskan Kementerian ATR juga tegas menindak kejahatan pertanahan yang melibatkan mitranya, termasuk pejabat pembuat akta tanah (PPAT).(*)

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Tempo.co

Tags

Terkini

Cara Merawat Budaya Nagari di Sumbar, Ini Solusinya

Senin, 17 Januari 2022 | 12:46 WIB

Hasil Perikanan Konsumsi Terbesar di Sumbar

Senin, 17 Januari 2022 | 12:34 WIB

Bocah 9 Tahun Diterkam Buaya di Lubuk Basung

Senin, 17 Januari 2022 | 11:46 WIB

Hari Ini, Sumbar Berpotensi Dilanda Hujan Ringan

Senin, 17 Januari 2022 | 09:45 WIB

Pemerintah Beli 6 Juta Dosis Vaksin Sinovac

Senin, 17 Januari 2022 | 03:25 WIB
X