Kebakaran 5 Ruko di Indarung Padang, Kerugian Ditaksir Rp1 Miliar

- Minggu, 28 November 2021 | 16:54 WIB
Kebakaran 5 Ruko di Indarung Padang, Kerugian Ditaksir Rp1 Miliar
Kebakaran 5 Ruko di Indarung Padang, Kerugian Ditaksir Rp1 Miliar

PADANG,HARIANHALUAN.COM -- Kebakaran yang menghanguskan lima ruko di daerah Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, mengakibatkan pemilik ruko dan lima orang penyewa ruko mengalami kerugian hingga Rp1 Miliar.

Kapolsek Lubuk Kilangan AKP Lija Nesmon mengatakan sebanyak lima ruko yang berada di seberang SPBU Indarung terbakar sekitar Pukul 12:30 WIB, Minggu (28/11/2021).

"Sekira pukul 12.45 WIB datang 2 unit mobil pemadam kebakaran PT. Semen Padang dan langsung memadamkan api, dan selang beberapa lama 7 (tujuh) unit mobil Damkar dari Pemko Padang di bawah Pimpinan Kabid operasional Damkar Basril

Selanjutnya api dapat dipadamkan sekitar 13.45 WIB. Dalam peristiwa tersebut Nihil Korban jiwa hanya kerugian materil yang menurut Korban Dasrizal (pemilik Kontrakan 5 petak ruko) mencapai 750.000.000. juta rupiah.

"Untuk kerugian yang dialami 5 orang korban pengusaha ruko sebanyak 250.000.000 juta rupiah yang terdiri dari toko D' Loundry, toko sate TK, toko alat listrik, toko pempek mintuo dan toko apotek edufarma," ujarnya.

Kapolsek menjelaskan sekitar pukul 12.30 WIB saksi melihat api muncul di toko D'loundry dan menjalar ke toko Sate Tk sampai di warung sate tersebut terdengar suara ledakan dari beberapa tabung gas elpiji 3 kg sebanyak 12 buah.

"Saat itu warung tersebut dalam keadaan tutup sehingga api membesar menjalar ke toko listrik Podomoro yang juga dalam keadaan tutup. Kemudian api menjalar ke warung kuliner ampera mintuo yang saat itu juga dalam keadaan tutup. Api juga sampai ke toko apotek edufarma yang saat itu buka namun pemilik penjaga toko obat ketakutan sehingga tidak dapat mengevakuasi barang dagangannya semua," jelasnya.

Kejadian tersebut, kata Lija Nesmon juga menyebabkan kemacetan arus lalu lintas di jalan Raya Indarung - Padang dan sebaliknya. Namun hal ini dapat diantisipasi oleh anggota Polsek Luki yang piket hari ini dengan dibantu warga untuk mencairkan arus lalin.

"Sementara untuk asal api diperkirakan dari konsleting listrik dari kios D"laundry yang menjalar ke 4 bangunan kios lainnya," pungkasnya. (*)

Halaman:

Editor: Rahma Nurjana

Tags

Terkini

X