Jangan Cuma Sibuk Urus UMP, Pemerinta Harus Perhatikan Nasib Pekerja Kena PHK

Dodi Caniago
- Senin, 29 November 2021 | 22:02 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM- Pandemi Covid-19 yang terus mendera negeri ini telah membuat demikiahalNasib mereka yang kehilangan pekerjaan diluluhlantakan pula oleh kecilnya peluang kerja.

Baca Juga: Diduga Merusak Hutan, Gubernur Kepri Didesak Cabut IUPJL PSWA Pulau Rempang

Oleh karena itu, Anggota Komisi III DPRD Kota Pekanbaru, Zulkarnain mendesak Pemerintah khususnya Pemko Pekanbaru, Riau, menyeriusi permasalahan tersebut.

Kata Zulkarnain, mengurusi hal tersebut lebih penting daripada mengurusi kenaikan UMK Pekanbaru.

"Yang pertama penyelamatan dulu, saya memandang dari sisi penyelamatan. Pertama pemerintah harus menyelamatkan karyawan yang dirumahkan atau yang kena PHK ini dulu," kata Zulkarnain dilansir haluanriau.co, Senin (29/11),.

Pemko Pekanbarh harus ikut berperan untuk mengembalikan karyawan yang dirumahkan atau yang sudah di-PHK ke tempat asal mereka bekerja sebelumnya. Sebab ini menyangkut dengan hajat hidup orang banyak.

Dewan pengupahan yang terdiri dari perwakilan buruh, perwakilan pengusaha dan juga Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, agar bisa memperhatikan pekerja yang dirumahkan akibat dampak pandemi Covid-19.

"Kenaikan UMP yang diperkirakan hanya naik sekitar Rp50 ribu juga tidak signifikan, namun demikian ini diharapkan jika harus naik dewan pengupahan tidak melupakan karyawan yang dirumahkan," ujarnya.

Baca Juga: Aduh, Melonjak Lagi Kasus Covid-19 di Riau

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Sumber: haluanriau.co

Tags

Terkini

X