Pengelola Hotel Nilai PPKM Level 3 Saat Nataru Bukan Solusi Tepat di Padang

- Selasa, 30 November 2021 | 10:15 WIB
Salah satu hotel di Bukittinggi (Foto:Ist)
Salah satu hotel di Bukittinggi (Foto:Ist)

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Jelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 pemerintah mengeluarkan aturan melalui instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 20/2021 tentang PPKM Level 3 di seluruh Indonesia.

Hanya saja kebijakan ini menuai pro dan kontra di tengah masyarakat, sejumlah pengelola hotel di kota Padang mengatakan, dilakukannya kembali PPKM level 3 oleh pemerintah jelang Natal dan tahun baru dianggap tidak menjadi solusi yang tepat.

Baca Juga: Bisnis Perhotelan Mulai Menggeliat, PLN Dukung Santika dan Ocean Beach Hotel

Menurutnya, seharusnya pemerintah meningkatkan penerapan protokol kesehatan dan bukan membatasi kegiatan masyarakat pada natal dan tahun baru. Serta, membatasi pemberlakuan perjalanan pariwisata.

Sejumlah pengusaha hotel mengaku biasanya mulai November menjelang dekat akhir tahun, hunian hotel mulai meningkat, baik dari masyarakat yang mulai berlibur maupun yang akan merayakan tahun baru.

Baca Juga: Aturan Baru, Pengunjung Hotel dan Objek Wisata di Sumbar Wajib Gunakan Aplikasi PeduliLindungi

Bookingan kamar menjelang tahun baru saat ini masih 5 persen bahkan beberapa hotel masih ada yang belum dilirik para tamu. Maka momen tahun baru ini menjadi panen penginapan.

"Biasanya kita awal November dan akhir tahun mulai banyak, tapi tahun ini di bawah 5 persen," katanya.

Dia menyebutkan, dengan dikeluarkannya surat edaran tersebut masyarakat yang ingin berlibur akhirnya membatalkan perjalanan. Pihak hotel yang membuat acara akhir tahun  belum terlaksana sama sekali.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

BPKB Dishub Kota Pariaman Terapkan Pembayaran Online

Jumat, 12 Agustus 2022 | 21:13 WIB
X