Produksi Perikanan di Kota Pariaman Mencapai 330 Ton

- Rabu, 1 Desember 2021 | 01:55 WIB
Saat panen ikan di Kampung Kandang.
Saat panen ikan di Kampung Kandang.

 

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Produksi perikanan budidaya yang dikelola masyarakat di Kota Pariaman sampai November 2021 ini mencapai 330 ton. Sementara selama tahun 2020, produksi perikanan budaya atau produksi perikanan darat, sebanyak 322 ton.

"Namun diperkirakan produksi perikanan itu menjelang akhir tahun ini akan terus bertambah," kata Kepala bidang Perikanan Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kota Pariaman, Citrha Aditur Bahri, Selasa (30/11-2021).

Dari jenis komoditinya, ikan lele dengan produksi tertinggi, 150 ton setahun, kemudian baru diikuti komiditi jenis ikan lainya, seperti gurami dan nila.
Tingginya produksi ikan lele tersebut, karena masa panenya yang cepat, paling 4 bulan sudah bisa panen, jadi setahun itu bisa panen 3 kali.

Tipe kolam yang digunakan masyatakat untuk budidaya perikanan tersebut, ada kolam beton dan bundar, meskipun demikian produksi yang dihasilkan tetap menggembirakan dalam menupang geliat perekonomian mereka.

Tentu kita tetap berharap, harga pasar terus membaik, sehingga semangat masyatakat dalam usaha budidaya perikanan darat tetap membaik, kata Citrha. (*)

 

Editor: Heldi Satria

Tags

Terkini

Walikota Pariaman Tinjau Kondisi Terkini Youth Center

Selasa, 25 Januari 2022 | 10:10 WIB
X