Obat Anti Kanker Tanaman Taxus Sumatrana Dibudidayakan di Sumbar

- Rabu, 1 Desember 2021 | 07:55 WIB
Tanaman Taxus.
Tanaman Taxus.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Pencanangan Nagari Pandai Sikek sebagai Kampung Taxus diresmikan Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah. Pencanangan yang ditandai dengan penanaman di puncak Gunung Singgalang, Pandai Singkek, Selasa (30/11/2021).

Ini merupakan sebuah langkah awal dalam upaya konservasi jenis taxus di Ranah Minang. Taxus salah satu spesies tumbuhan obat adalah Taxus (Taxus sumatrana).

Baca Juga: Tak Hanya untuk Disfungsi Ereksi, Viagra Juga Bakal Jadi Obat Kanker

Menurut Mahyeldi, berdasarkan uji yang dilakukan peneliti Pusat Penelitian dan Pengembangan Hasil Hutan (P3HH) Badan Litbang dan Inovasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BLI KLHK) sudah memastikan jenis tanaman itu memiliki kandungan zat aktif anti kanker.

"Kabar gembira bagi kita semua, bahwa salah satu populasi Taxus Sumatrana terletak di Gunung Singgalang yang memiliki prospek yang besar untuk dikembangkan dalam industri farmasi, memiliki kandungan zat aktif anti kanker," kata Mahyeldi.

Baca Juga: Masyarakat Pasbar Keluhkan Pengrusakan Ratusan Hektare Tanaman Kebun oleh Perusahaan

Namun pada sisi lain, Taxus memiliki sifat pertumbuhan yang lambat dan regenerasi yang relatif sulit, ditambah lagi daerah penyebaran yang terbatas, menyebabkan populasi spesies Taxus sumatrana sangat kecil dan mengarah pada kelangkaan.

"Oleh karena itu, perlu upaya kita bersama untuk melakukan konservasi dan pengembangan terhadap jenis tanaman Taxus ini," ungkapnya.

Selanjutnya Gubernur Mahyeldi memberi apresiasi dan menyambut baik kepada para penggagas acara pencanangan "Nagari Taxus" ini, mudah-mudahan dengan melakukan inisiatif acara ini akan menggaungkan Sumatera Barat dan mendorong masyarakat di Nagari Pandai Sikek dan umumnya masyarakat dapat di kaki Gunung Singgalang kembangkan tanaman Taxus secara mandiri, yang akhirnya menambah populasi dan spesies Taxus sumatrana terhindar dari kepunahan.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

32 ASN Padang Panjang Terima Vaksin Booster

Kamis, 20 Januari 2022 | 21:13 WIB

1,9 Juta Pengaduan Masuk ke SP4N LAPOR

Kamis, 20 Januari 2022 | 19:15 WIB
X