Peringati HMPI, PLN Sumbar Tanam 2000 Bibit Pohon

- Rabu, 1 Desember 2021 | 07:43 WIB
Proses simbolik penanaman pohon dan biopori dilakukan oleh GM PLN UIW Sumbar Toni Wahyu Wibowo dan jajaran Senior Manager, serta Tim K3L yang disaksikan oleh pegawai PLN UIW Sumatera Barat.
Proses simbolik penanaman pohon dan biopori dilakukan oleh GM PLN UIW Sumbar Toni Wahyu Wibowo dan jajaran Senior Manager, serta Tim K3L yang disaksikan oleh pegawai PLN UIW Sumatera Barat.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Peringati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) yang jatuh setiap tanggal 28 November 2021, PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Barat gelar beberapa kegiatan. Kegiatan ini sebagai dukungan gerakan “BUMN Hijaukan Indonesia”, yaitu program serentak Kementerian BUMN bersama seluruh BUMN se-Indonesia untuk menyemarakkan HIPMI 2021.

Kegiatan pertama digelar di halaman depan lobby PLN UIW Sumatera Barat, pada Selasa (30/11) dengan gerakan tanam pohon dan biopori. Proses simbolik penanaman pohon dan biopori dilakukan oleh GM PLN UIW Sumbar Toni Wahyu Wibowo dan jajaran Senior Manager, serta Tim K3L yang disaksikan oleh pegawai PLN UIW Sumatera Barat.

Baca Juga: Cepat dan Mudah, Bayar Tagihan dan Beli Token Listrik Lewat PLN Mobile

Misran Hasra, Pejabat Pengendali K3L PLN UIW Sumbar menginformasikan, pada tahun 2021 ini telah ada lebih kurang 150 titik biopori yang terpasang tersebar di kawasan kantor induk PLN UIW Sumbar, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Padang, PLN UP3 Solok, PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Sicincin, ULP Tabing, ULP Painan, dan ULP Sitiung.

‘’Proses pembuatan biopori terbilang cukup mudah, hanya perlu menyediakan pipa paralon dengan diameter 10-30 cm panjang 50 cm dan lubang untuk menanam dengan kedalaman 1 meter yang kemudian pipa paralon tersebut ditanam pada lubang yang telah digali,’’ sebut Misran.

Baca Juga: PLN Sumbar Investasikan Rp 3,4 Miliar untuk Lisdes Sikakap dan Pagai Utara Mentawai

Disampaikan Misran, sama halnya dengan upaya menanam pohon, penyediaan daerah resapan air melalui biopori ini juga dapat menjadi salah satu upaya menjaga kelestarian lingkungan, pun juga langkah tepat guna mengatasi banjir akibat daerah resapan air yang kian sedikit.

‘’Jika sudah berhasil diadaptasi di unit kerja, ke depannya mungkin bisa kita kembangkan sebagai program pengabdian ke masyarakat,’’ lanjutnya.

Sementara itu di Pariaman, PLN UIW Sumbar lakukan penanaman 2000 bibit pohon cemara laut di Pantai Ma’aruf Amin, Desa Taluk Kecamatan Pariaman. Upaya penghijauan pesisir pantai ini merupakan Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PLN UIW Sumbar dimana PLN memberikan bantuan sebesar Rp180 Juta kepada Kelompok Nelayan Sumbar Riau Desa Taluk Pariaman.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

Gelar Rakerda, HIPMI Sumbar Bakal Bahas Ini

Minggu, 26 Juni 2022 | 09:23 WIB
X