Jawab Keluhan Petani Ikan, KKP Segera Bangun Pabrik Pakan di Pasaman

Milna Miana
- Rabu, 1 Desember 2021 | 09:43 WIB
Sambil berjalan, Bupati Benny Utama tampak berbincang serius dengan Kadis Perikanan, M Dwi Richie JP usai mengunjungi lokasi pembangunan pabrik pakan di Rao Selatan, belum lama ini.
Sambil berjalan, Bupati Benny Utama tampak berbincang serius dengan Kadis Perikanan, M Dwi Richie JP usai mengunjungi lokasi pembangunan pabrik pakan di Rao Selatan, belum lama ini.

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Bupati Pasaman, Benny Utama mengatakan, bahwa Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia (RI) akan membangun pabrik pakan ikan mandiri. Upaya ini untuk membantu meningkatkan perekonomian petani ikan di daerah itu.

Rencananya lokasi pembangunan pabrik pakan itu masih satu kawasan dengan pusat Balai Benih Ikan (BBI) Beringin, Nagari Lansekkadok, Kecamatan Rao Selatan. Dana pembangunannya mencapai Rp30 Milyar lebih, bersumber dari anggaran Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

Baca Juga: Kelompok Saiyo Saolo di Pasaman Terima Bantuan Escavator dari KKP RI

"Dana senilai itu sudah lengkap dengan pembangunan pabrik pakan ikan mandiri, bantuan escavator, automatic feeder dan peralatan lainnya," ungap Benny di Lubuksikaping, kemarin.

Pihaknya, kata dia, sudah menyerahkan lahan seluas 3 hektar lebih diareal BBI Rao Selatan untuk dijadikan lokasi pembangunan pabrik pakan ikan tersebut kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI.

Baca Juga: Direspon KKP, Nelayan Pariaman Segera Terima 100 Unit Mesin Tempel

"Kita sudah menyerahkan lahan seluas 3.000 meter untuk pembangunan pabrik pakan mandiri ke pihak KKP serta membangun infrastruktur jalan ke lokasi pabrik dengan APBD 2021. Lahan itu milik Pemda Kabupaten Pasaman," kata Benny.

Sebelumnya, kata Benny, Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Sakti Wahyu Trenggono, telah menetapkan Kabupaten Pasaman, sebagai salah satu kampung perikanan budidaya di Indonesia.

Keputusan Menteri KP ini ditetapkan dalam Surat Keputusan (SK) Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor : 64 Tahun 2021, tertanggal 23 Agustus 2021, tentang Kampung Perikanan Budidaya yang berlokasi di enam kabupaten pada enam provinsi di Indonesia.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

15 Warga Pariaman Bakal Dilatih Daur Ulang Sampah

Selasa, 18 Januari 2022 | 18:48 WIB

66 CPNS Solok Terima SK Pengangkatan PNS

Selasa, 18 Januari 2022 | 15:45 WIB
X