Kelompok Nelayan di Pasbar Dapat Bantuan 26 unit Mesin Long Tail

- Kamis, 2 Desember 2021 | 03:15 WIB
Kelompok Nelayan di Pasbar Dapat Bantuan 26 unit Mesin Long Tail
Kelompok Nelayan di Pasbar Dapat Bantuan 26 unit Mesin Long Tail


PASAMAN BARAT, HARIANHALUAN.COM - Dalam upaya meningkatkan jarak tempuh dan produktifitas untuk menambah penghasilan bagi nelayan, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Endra Yama Putra menyerahkan bantuan 26 Unit Mesin Long Tail dan 2 Unit mesin tempel kepada anggota KUD Kelompok Nelayan Sasak (KNS) yang bersumber dari dana Pokir (Pokok pikiran) tahun 2019, Rabu, (1/12/2021).

Diketahui, sebelumnya pada Jumat (19/11/2021) Endra Yama Putra bersama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Pasbar juga telah menyerahkan bantuan terhadap 3 kelompok perikanan berupa, sarana dan prasarana budidaya ikan lele yang masing-masing kelompok menerima 8 ton pakan ikan dan 11 ribu bibit ikan.

Bertempat di Muaro Pantai Sasak, acara tersebut juga dihadiri oleh, Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Pasbar, Zulfi dan jajaran, Camat Sasak Ranah Pasisia, Ferdinan Ujang, Penyuluh Perikanan Kecamatan Sasak, Martua Muda Ritonga, kepala Jorong dan anggota KNS selaku penerima bantuan.

Plt Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Pasbar, Zulfi dalam sambutannya mengatakan, bantuan yang diberikan merupakan Pokir dari bapak Endra Yama selaku anggota dan Pimpinan DPRD Pasbar tahun anggaran 2019. Namun baru tahun ini baru dapat direalisasikan, mengingat mewabahnya covid 19 beberapa tahun terakhir ini.

"Bantuan ini berasal dari Pokir bapak Endra Yama tahun anggaran 2019, dengan harapan dapat meningkatkan hasil tangkapan bagi para nelayan untuk menambah jumlah pendapatan dari sebelumnya," ujar Luthfi.

Selain itu, Zulfi juga meminta kepada para nelayan penerima bantuan agar dapat memanfaatkan, serta menjaga bantuan tersebut dengan sebaik mungkin. Hal itu mengingat perjuangan untuk mendapatkan bantuan tersebut tidaklah mudah, dan banyaknya kelompok atau KUD lainnya yang juga mengusulkan bantuan mesin Long Tail itu.

"Semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para nelayan penerima, serta diharapkan dapat menjaga kekompakan antara sesama anggota kelompok, sehingga KNS ini dapat bermanfaat dan dapat meningkatkan kesejahteraan para nelayan," harapnya.

Sementara itu, Wakil ketua DPRD Pasbar, Endra Yama Putra mengatakan, ia mengucapkan terimakasih kepada Pemda Pasbar, dalam hal itu Dinas Perikanan dan Kelautan Pemda Pasbar yang telah senantiasa menyalurkan bantuan terhadap para nelayan Sasak, meskipun dalam dua tahun terakhir ini terkendala oleh pandemi covid 19.

"Terima Kasih kepada Dinas Kelautan dan Perikanan Pemda Pasbar, yang selama ini telah berusaha meningkatkan taraf kehidupan para nelayan ada di Kecamatan Sasak Ranah Pasisia ini dengan bantuan yang telah diberikan meskipun belum sepenuhnya tercukupi," ucapnya.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Terkini

X