Pemindahan PKL Kuliner di Jalan Ahmad Karim Pasaman untuk Jaga Keindahan Kota

- Kamis, 2 Desember 2021 | 11:30 WIB
Kondisi kawasan kuliner di Jalan Ahmad Karim Lubuksikaping, mulai tampak sepi. Bahkan, sebagian pedagang lebih memilih menutup lapaknya.
Kondisi kawasan kuliner di Jalan Ahmad Karim Lubuksikaping, mulai tampak sepi. Bahkan, sebagian pedagang lebih memilih menutup lapaknya.

LUBUK SIKAPING, HARIANHALUAN.COM - Rencana merelokasi (pemindahan) pedagang kaki lima (PKL) kawasan kuliner, di Jalan Ahmad Karim, Lubuksikaping, Kabupaten Pasaman, sepertinya sudah tidak bisa ditawar lagi.

Menurut Asisten II bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Pasaman, Rosben Aguswar mengatakan, pemindahan pedagang kaki lima di Jalan Ahmad Karim itu sudah lama diwacanakan.

Selain untuk kebaikan bagi para pedagang mendapatkan tempat yang lebih baik, aman dan nyaman juga untuk menjaga keindahan kota serta pemanfaatan trotoar sesuai peruntukannya, yakni untuk pengguna jalan.

"Untuk itu kita berharap para pedagang bersedia pindah ke tempat yang sudah kita tentukan dalam beberapa kali rapat yaitu di halaman ruko Lubuksikaping," ujar Rosben saat menggelar sosialisasi dengan PKL di ruang rapat Sekretaris Daerah (Sekda), lantai dua kantor Bupati Pasaman, Selasa (30/11/2021).

Selain itu, kata dia, Dinas Lingkungan Hidup, Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DLHPRKP) setempat, akan melakukan pemangkasan terhadap pohon pelindung yang ada di sepanjang jalan tersebut. Karena dapat membahayakan keselamatan banyak orang.

"Dulu kita sudah berniat untuk membersihkan atau melakukan pemangkasan terhadap pohon-pohon yang sudah terlalu besar. Karena hal itu bisa membahayakan para pedagang, sekolah dan juga RSUD. Namun, masih terkendala, karena masih adanya pedagang," tuturnya.

Terkait, aspirasi sebagian pedagang kuliner agar mereka dipindahkan dihalaman depan eks kantor Dinas Koperasi dan UKM, Rosben belum bisa menjawab. Karena harus mendapat persetujuan dari pimpinan, dalam hal ini Bupati Pasaman.

"Pedagang harap bersabar. Kami meminta waktu untuk menyampaikan kepada pimpinan dan sekiranya disetujui, maka hingga tanggal 15 Desember 2021 para pedagang sudah pindah ke lokasi tersebut," katanya.

Editor: Nova Anggraini

Tags

Terkini

Bank Nagari Raih Laba Rp416,29 Miliar pada Tahun 2021

Minggu, 23 Januari 2022 | 17:49 WIB

Bantu Pemasaran UMKM, Pemkab Agam Bakal Bentuk BUMD

Minggu, 23 Januari 2022 | 07:26 WIB

Bupati Agam Hadiri Milad IKLA Provinsi Riau ke-21

Sabtu, 22 Januari 2022 | 19:15 WIB

Bulan K3 Nasional 2022, PLN Sumbar Serukan K3 Unggul

Jumat, 21 Januari 2022 | 20:30 WIB
X