Kejari Agam Musnahkan Barang Bukti yang Sudah Berkekuatan Hukum Tetap

- Kamis, 2 Desember 2021 | 20:55 WIB
Pemusnahan barang bukti yang sudah berkekuatan hukum tetap di Kejari Agam  ((AMC News))
Pemusnahan barang bukti yang sudah berkekuatan hukum tetap di Kejari Agam ((AMC News))

 

AGAM, HARIANHALUAN.COM - Kejaksaan Negeri (Kejari) Agam memusnahkan sejumlah barang bukti kejahatan sepanjang Februari hingga November 2021. Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar.

Dilansir dari Agam Media Center (AMC), Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Agam, Rio Rizal mengatakan barang bukti yang dimusnahkan berasal dari 79 perkara tindak pidana umum yang telah berkekuatan hukum tetap atau inkrah dari pengadilan.

“Semua barang bukti ini sudah inkrah, tujuan pemusnahan agar barang-barang ini tidak menumpuk dan disalahgunakan,” ujarnya usai pembakaran barang bukti, Kamis (2/12/2021).

Ia mengatakan, pemusnahan barang bukti masih didominasi oleh perkara narkotika. Dirinci, barang bukti perkara narkotika antara lain sabu seberat 96,9027 gram, ganja 8.496,29 gram dan alat pakai sabu (bong) yang terbuat dari botol minuman.

Selanjutnya barang bukti perkara perjudian antara lain buku tafsir mimpi, buku togel, kartu ATM dan handphone. Barang bukti tindak pidana persetubuhan atau pencabulan berupa pakaian.

Selain barang bukti itu imbuhnya, Kejari Agam bersama BKSDA Resor Agam juga memusnahkan barang bukti berupa 2 karung sisik trenggiling dan 1 set tulang harimau.

“Inilah bentuk sinergi kami bahwa semua barang bukti yang sudah memiliki ketetapan hukum harus segera dimusnahkan, caranya dengan dibakar,” tuturnya.

Mengingat perkara peredaran narkotika masih mendominasi, pihaknya juga berharap sinergitas banyak pihak untuk mengawal dan melakukan penindakan agar kasus peredaran narkoba dapat ditanggulangi.

“Narkotika yang dimusnahkan ini hanya sebagian kecil, sebelumnya barang bukti sudah lebih dahulu di musnahkan di BNN Provinsi. Nah, ini menjadi perkerjaan rumah kita bersama,” ucap Rio Rizal.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: Agam Media Center

Tags

Terkini

Cara Merawat Budaya Nagari di Sumbar, Ini Solusinya

Senin, 17 Januari 2022 | 12:46 WIB

Hasil Perikanan Konsumsi Terbesar di Sumbar

Senin, 17 Januari 2022 | 12:34 WIB

Bocah 9 Tahun Diterkam Buaya di Lubuk Basung

Senin, 17 Januari 2022 | 11:46 WIB

Hari Ini, Sumbar Berpotensi Dilanda Hujan Ringan

Senin, 17 Januari 2022 | 09:45 WIB
X