Cegah Karhutla, Dishut Sumbar Tingkatkan Patroli

- Jumat, 3 Desember 2021 | 13:45 WIB
(Ist-Haluanriau.co)
(Ist-Haluanriau.co)

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kepala Dinas Kehutanan Sumbar, Yozarwardi mengatakan berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 3 tahun 2020 semua stake holder terkait karhutla diperintahkan untuk turut aktif dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan.

Jika ada titik api harus segera dipadamkan, jangan sampai meluas.

Baca Juga: Buka Lahan dengan Dibakar, BPBD Sijunjung: Berpotensi Timbulkan Karhutla

"Presiden juga memerintahkan untuk mencarikan solusi permanen untuk pembakaran hutan dan lahan bermotif ekonomi, penegakan hukum secara tegas akan memberikan efek jera," katanya.

Menindaklanjuti hal itu Dinas kehutanan Sumbar menurutnya juga meningkatkan frekuensi patroli sebagai langkah pencegahan kejadian karhutla.

Baca Juga: Keberhasilan Indonesia Cegah Karhutla Dipaparkan di Forum COP 26 Glasgow 

"Dalam instruksi itu Presiden juga meminta agar pengelolaan kebakaran hutan untuk mendahulukan upaya pencegahan," katanya.

Sebelumnya, guna mengantisipasi tindakan penebangan liar di Sumbar, Dinas Kehutanan setempat akan memperbanyak alat sensor akustik Guardian di wilayah ini.

Yozarwardi mengatakan saat ini, untuk alat sensor guardian telah dipasang sebanyak 27 unit di enam nagari, pada empat kabupaten di wilayah Sumatera Barat. Empat kabupaten itu yaitu Solok, Solok Selatan, Sijunjung dan Pesisir Selatan. Direncanakan, pemasangan alat sensor dimaksud akan ditambah, namun dilakukan secara bertahap.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

Pemkab Pessel Terima CSR Bank Nagari untuk Pendidikan

Kamis, 18 Agustus 2022 | 12:01 WIB
X