Ambulan dari PLN Sumbar Bantu Masyarakat Muaro Sungai Lolo untuk Akses ke Rumah Sakit

- Jumat, 3 Desember 2021 | 16:29 WIB
Ambulan dari PLN Sumbar Bantu Masyarakat Muaro Sungai Lolo untuk Akses ke Rumah Sakit
Ambulan dari PLN Sumbar Bantu Masyarakat Muaro Sungai Lolo untuk Akses ke Rumah Sakit

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Mengawali Desember ini, PLN UIW Sumbar kembali serahkan bantuan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat yang membutuhkan. Kali ini, penyerahan bantuan sebesar Rp250 Juta diberikan untuk Nagari Muaro Sungai Lolo Kecamatan Mapat Tunggul Selatan Kabupaten Pasaman sebagai dana pembelian 1 unit mobil ambulan.

Simbolis penyerahan bantuan TJSL dilakukan pada Kamis (02/12) bertempat di lobby PLN UIW Sumatera Barat dan diserahkan oleh Senior Manager Komunikasi, Keuangan dan Umum (SRM KKU) PLN UIW Sumbar Cipto Adi Sumartono kepada Ogi Arianto sebagai perwakilan Nagari Muaro Sungai Lolo.

Nagari Muaro Sungai Lolo sendiri merupakan salah satu daerah terisolir di Sumatera Barat. Akses jalan menuju daerah ini didominasi jalan tanah berbatu dengan kontur berbukit dan jurang yang rawan longsor di salah satu sisi jalan. Berjarak 103 km dari ibukota kabupaten atau lebih kurang 6 jam perjalanan dan ditambah dengan kondisi jalan yang tidak mumpuni, menyebabkan daerah ini sulit mengakses berbagai fasilitas umum.

Salah satu fasilitas umum yang sangat penting namun sulit diakses adalah fasilitas kesehatan. Nagari Muaro Sungai Lolo belum memiliki puskesmas sehingga kebutuhan pengobatan harus didapatkan dengan menempuh jarak jauh ke ibukota kabupaten, Kabupaten Pasaman. Kondisi ini semakin memprihatinkan jika ada masyarakat yang membutuhkan pengobatan emergency dan tidak bisa dibawa dengan kendaraan roda dua, sementara masyarakat setempat rata-rata hanya memiliki kendaraan roda dua.

Seperti disebutkan Ogi Arianto, Wali Nagari Muaro Sungai Lolo. ‘’Jika ada warga kami yang kritis dan harus segera dibawa ke rumah sakit, kami harus menyewa mobil pribadi dengan biaya jutaan rupiah untuk menuju Rumah Sakit. Padahal tingkat perekonomian masyarakat terbilang relatif rendah,’’ ungkapnya, Kamis (02/12).

Berangkat dari keadaan tersebutlah Ogi Arianto berinisiatif mengajukan bantuan TJSL ke PLN UIW Sumatera Barat. ‘’Setidaknya ada fasilitas mobil ambulance gratis yang bisa kami kelola untuk akses masyarakat ke rumah sakit. Sehingga tidak perlu lagi harus mengeluarkan biaya besar dan bisa dipakai kapanpun saat dibutuhkan,’’ lanjut Ogi Arianto.

Bantuan ini diharapkan dapat bermanfaat secara berkelanjutan untuk 5316 jiwa penduduk dari 1476 Kepala Keluarga di Nagari Muaro Sungai Lolo untuk akses antar jemput menuju fasilitas kesehatan. ‘’Harapan kami dapat segera direalisasikan dan langsung digunakan untuk membantu masyarakat setempat. Semoga memberi kemudahan dan membawa keberkahan,’’ pesan Cipto seusai simbolis penyerahan. (*)

Editor: Jefli Bridge

Sumber: rilis

Tags

Terkini

Gubernur Sumbar Bagi-bagi Bendera Merah Putih

Senin, 8 Agustus 2022 | 18:05 WIB
X