Tim Pengabdi STIKes MercubaktiJaya Padang Launching Buku KIA Berhuruf Braille

Dodi Caniago
- Sabtu, 4 Desember 2021 | 02:33 WIB
Launching buku “Suluh Bina Netra, Sehat Reproduksi”
Launching buku “Suluh Bina Netra, Sehat Reproduksi”

HARIANHALUAN.COM -Buku “Suluh Bina Netra, Sehat Reproduksi”  diluncurkan  Tim Pengabdi dari STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang pada puncak peringatan Hari Disabilitas Internasional ke 29,  di Palanta Rumah Dinas Kota Padang, Kamis (2/12/2021) .

Buku “Suluh Bina Netra, Sehat Reproduksi”  ini  merupakan modifikasi dari buku Kesehatan Ibu dan Anak berhuruf Braille, tulisan sentuh yang biasa digunakan oleh Tunanetra.

Buku  tersebut merupakan produk luaran dari kegiatan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan dari 2019 hingga 2021. Tim Pengabdi dari STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang   beranggotakan Dian Furwasyih, S.Keb.,Bd., M.Sc (Ketua), Sunesni, S.Si.T., M.Biomed (Anggota I) dan Ilham Akerda Edyyul, M.Pd (Anggota II).

Ketua LPPM STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang, Sunesni, S.SiT, M.BioMed menjelaskan, buku ini berisikan informasi tentang kesehatan Ibu dan Anak mulai dari ; masa kehamilan, persalinan, nifas, serta kesehatan anak, hingga usia 6 tahun. ujar Dian seabagi Ketua tim Pengabdi.

"Buku ini dicetak dengan huruf Braille, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai sarana edukasi kesehatan bagi ibu yang tunanetra dan suami. Juga oleh pasangan suami isteri yang mengalami gangguan penglihatan. Isi buku terdiri dari ; BAB I. Masa Kehamilan, BAB. II Masa Persalinan, BAB III. Masa Nifas, dan BAB IV. Kesehatan Anak," jelas Sunesni, S.SiT, M.BioMed yang juga merupakan salah satu dari anggota tim pengabdian. 

Buku  ini diharapkan dapat dimiliki oleh semua pasangan usia subur dengan tunanetra dan menjembatani akses informasi kesehatan reproduksi untuk pasangan tunanetra. Buku ini juga dapat dimanfaatkan sebagai media edukasi pada fasilitas pelayanan kesehatan yang inklusi dan ramah disabilitas.

"Buku ini merupakan salah satu luaran Penelitian dan Pengabdian (PKM) dari dosen STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang yang kami harapkan akan disupport oleh pemerintah Kota Padang dengan mencetaknya lebih banyak lagi, sehingga dapat dimiliki oleh semua pasangan disabilitas netra yang sedang merencanakan kehamilan, maupun pasangan tunanetra yang sedang dalam pengasuhan anak.

"Karya ini adalah salah satu produk luaran pemenang Hibah Dana Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dosen di lingkungan STIKes MERCUBAKTIJAYA Padang pada tahun anggaran 2021" ujarnya.

Editor: Dodi Caniago

Sumber: Rilis

Tags

Terkini

Meresahkan, 8 "Pak Ogah" Diamankan Satpol PP Padang

Senin, 24 Januari 2022 | 21:15 WIB

Pemko Pariaman Cek Kelayakan Kendaraan Dinas

Senin, 24 Januari 2022 | 17:47 WIB
X