Mahasiswa Unand Bahagia Wisuda di Rumah, Wisudawan: Lebih Dekat dengan Keluarga

- Sabtu, 4 Desember 2021 | 11:31 WIB
Wahyu Eka Putra, mahasiswa Universitas Andalah yang wisuda dari rumah. Pemindahan jambul dilakukan oleh orang tua.
Wahyu Eka Putra, mahasiswa Universitas Andalah yang wisuda dari rumah. Pemindahan jambul dilakukan oleh orang tua.

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Universitas Andalas (Unand), menggelar prosesi wisuda secara offline dan online hari ini, Sabtu (4/12/2021) di Padang, Sumatra Barat.

Sebanyak 1.059 orang hari ini melepas status mahasiswa mereka dan kembali ke masyarakat.

Menariknya, selain wisudawan menghadiri acara di gedung Universitas Andalas, di masa pandemi Covid-19, mayoritas mahasiswa juga mengikuti prosesi wasuda dari rumah masing-masing.

Salah satunya, Wahyu Eka Putra, wisudawan Jurusan Sastra Indonesia yang berasal dari Bukittinggi tersebut menjalankan prosesi wisuda secara online.

Kepada Harianhaluan.com, ia mengungkapkan, prosesi wisuda dari rumah yanh dijalaninya memiliki sisi eksklusif, karena bisa langsung didampingi keluarga.

"Alhamdulillah bisa merasakan wisuda. Lebih dekat dengan keluarga, serasa lebih eksklusif. Tapi ya gitu, feelnya kurang," tuturnya.

Setelah menjadi sarjana, walapun acara sakral wisuda hanya dilakukan dari jarak jauh, ia mengatakan bahwa yang terpenting adalah proses perkuliahan selama 4 tahun menjadi mahasiswa.

"Wisuda ini adalah pencapaian akhir, yang terpenting adalah proses perkuliahan selama menjadi mahasiswa," kata Wahyu.

Saat menjalankan prosesi wisuda dari rumah, pemindahan jambul pada topi wisudawan dilakukan oleh perwakilan keluarga wisudawan.

Yurnali, ayah Wahyu mengatakan, wisuda dari rumah memiliki aura yang berbeda, karena hanya dihadiri oleh keluarga, namun hal tersebut membuat acara wisuda terasa lebih spesial.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Tags

Terkini

Meresahkan, 8 "Pak Ogah" Diamankan Satpol PP Padang

Senin, 24 Januari 2022 | 21:15 WIB

Pemko Pariaman Cek Kelayakan Kendaraan Dinas

Senin, 24 Januari 2022 | 17:47 WIB
X