Dirut RSUP M Djamil Padang Sebut Angka Kematian Ibu Hamil Akibat Covid-19 Tinggi

- Sabtu, 4 Desember 2021 | 21:55 WIB
Gebyar Vaksinasi 1000 Ibu Hamil dan Menyusui di Auditorium UNP, Sabtu (4/12/2021).
Gebyar Vaksinasi 1000 Ibu Hamil dan Menyusui di Auditorium UNP, Sabtu (4/12/2021).

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Direktur Utama RSUP M.Djamil Padang Dr. dr. Dovy Djanas Sp. OG (K)-KFM mengatakan ibu hamil rentan terhadap penyebaran COVID-19. Sistem paru-paru jika terinfeksi tidak saja berpengaruh pada ibu tetapi juga janin.

"Karena itu angka kematian akibat COVID-19 untuk ibu hamil cukup tinggi," ujarnya saat Gebyar Vaksinasi 1000 Ibu Hamil dan Menyusui di Auditorium UNP, Sabtu (4/12/2021).

Baca Juga: Ingat, Ini 3 Kriteria Ibu Hamil yang Layak Disuntik Vaksin Covid-19

Wakil Rektor IV UNP mengatakan sebagai perguruan tinggi yang juga dituntut untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat, pihaknya sangat mendukung pelaksanaan vaksinasi di kampus.

"Kami sangat siap untuk mendukung dan berkolaborasi guna membantu pengendalian COVID-19 di Sumbar," katanya.

Baca Juga: Gelar Vaksinasi Gotong Royong, PLN Kolaborasi dengan Sejumlah Instansi

Dalam acara bertajuk “Gebyar Vaksinasi Massal untuk 1000 Ibu hamil dan menyusui” ini tampak Gubernur Sumbar Drs. H. Mahyeldi Ansharullah, S,P., GM PLN UIW Sumbar Toni Wahyu Wibowo beserta Senior Manager Keuangan, Komunikasi dan Umum (SRM KKU) Cipto Adi Sumartono. Turut hadir pula Wakil Rektor IV UNP Prof. Dr. Yasri, MS, Ketua POGI Wilayah Sumbar Dr. r. Dovy Djanas, SP.OG(K)-KFM), Asisten Operasi Damren 032, Kepala Dinas Kesehatan Sumbar, Dandim Kota Padang, Ketua IDI Sumbar, dan Kepala Dinas Kota Padang. Disebutkan bahwa selain berlangsung di Kota Padang, PLN juga mendukung gelaran vaksinasi di kabupaten Solok Selatan yang rencananya akan digelar pada tanggal 5 Desember mendatang.

Bentuk dukungan PLN adalah dengan menyediakan vaksin untuk kebutuhan 2000 dosis untuk 1000 orang peserta, dimana ini sesuai dengan tujuan pemerintah dalam upaya percepatan vaksinasi di akhir tahun, sehingga penyebaran covid-19 di provinsi Sumbar dapat terus ditekan.

Kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut dari Perjanjian Kerja Sama Penyediaan Vaksin COVID-19 untuk Vaksinasi Gotong Royong antara PT Bio Farma (Persero) dengan PT PLN (Persero).

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

X