Gunung Semeru Meletus, Gubernur Sumbar Kirimkan Doa

- Minggu, 5 Desember 2021 | 06:15 WIB
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah.
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah turut berduka cita atas musibah meletusnya Gunung Semeru, Jawa Timur.

Seperti dilansir dari akun facebook resminya, Minggu (5/12/2021).

Baca Juga: Hampir Semua Rumah di Satu Dusun Hancur Akibat Letusan Gunung Semeru

“Mari kita berdoa untuk keselamatan dan kesabaran saudara-saudara kita disana. Semoga selalu dilindungi oleh Allah SWT. Aamiin. #prayforsemeru,” tulisnya.

Sebelumnya, Gunung Semeru meletus pada sore hari ini, Sabtu (4/12/2021). Gunung api aktif yang terletak di Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Jawa Timur mengalami erupsi disertai guguran lava dan awan panas.

Baca Juga: 1 Orang Dilaporkan Tewas dan 2 Ibu Hamil Tua Terjebak Erupsi Gunung Semeru

Berdasarkan laporan kebencanaan geologi terkait Gunung Semeru erupsi, dari Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) sebelum terjadinya erupsi, Gunung Semeru memang sudah dinyatakan   termasuk gunung api dengan level waspada.

Dari hasil analisis visual sebelumnya, asap kawah tidak teramati saat Gunung Semeru meletus. Serta, terjadi guguran lava dengan jarak luncur 500-800 meter, dengan pusat guguran 500 meter di bawah kawah.

Sedangkan, dari analisis kegempaannya diketahui bahwa telah terjadi gempa vulkanik yang berkaitan dengan letusan, guguran dan hembusan asap kawah sebanyak 54 kali gempa letusan atau erupsi, 4 kali gempa guguran, dan 18 kali gempa hembusan.

Erupsi Gunung Semeru yang terjadi  membuat masyarakat di sekitar panik dan berlari menjauhi asap pekat yang disertai abu-abu dan kerikil besar semburan dari gunung menuju ke tempat aman untuk mengungsi. (*)

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

Pemkab Pessel Terima CSR Bank Nagari untuk Pendidikan

Kamis, 18 Agustus 2022 | 12:01 WIB
X