DPRD Kota Bukittinggi Gelar Sidang Paripurna Raperda Cagar Budaya

- Senin, 6 Desember 2021 | 11:10 WIB
 Sidang paripurna Ramcangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang cagar budaya di Kota Bukittinggi
 Sidang paripurna Ramcangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang cagar budaya di Kota Bukittinggi

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - DPRD Kota Bukittinggi menggelar sidang paripurna Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Cagar Budaya di Gedung DPRD Bukittinggi, Senin (6/11/2021).

Sidang tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Bukittinggi, Beny Yusrial. Sidang tersebut dihadiri oleh Wakil Wali Kota Bukittinggi, Marfendi, unsur-unsur Forkopimda dan undangan lainnya.

Sidang tersebut juga diselenggarakan melalui aplikasi pertemuan dalam jaringan (daring) bagi Kepala SKPD, para kepala bagian, Camat dan Lurah yang tidak dapat menghadiri sidang secara langsung.

Agenda dibuka dengan hantaran Raperda tentang Cagar Budaya oleh Wakil Wali Kota Bukittinggi, Marfendi.

Dalam hantarannya, wakil wali kota menyampaikan, Perda tersebut nantinya akan menjadi landasan dalam perlindungan, pengembangan serta pemamfaatan cagar budaya di Kota Bukittinggi.

"Perlindungan, pengembangan, dan pemamfaatan cagar budaya merupakan hal yang penting," tuturnya.

Perlunya Perda tersebut tak lepas dari sosialisasi karena menimbang, kurangnya apresiasi masyarakat terhadap peninggalan cagar budaya.

Kurangnya apresiasi merupakan faktor tingginya ancaman terhadap pencurian, penghilangan dan pemalsuan cagar budaya, sehingga menyebabkan hilangnya jejak kebudayaan yang dapat diwariskan.

Wakil wali kota menyebutkan, pentingnya Perda juga sebagai landasan untuk masyarakat bersama-sama menjaga, melindungi dan memamfaatkan cagar budaya demi melestarikan warisan.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Tags

Terkini

Pemkab Pessel Terima CSR Bank Nagari untuk Pendidikan

Kamis, 18 Agustus 2022 | 12:01 WIB
X