3 Rumah Rusak Berat, 4 Rusak Ringan dan Kerugian Capai Rp407 Juta Akibat Kebakaran di Solok Selatan

- Selasa, 7 Desember 2021 | 17:25 WIB
3 unit rumah terbakar di Jorong Lundang Nagari Pasir Talang Barat Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan (Jefli)
3 unit rumah terbakar di Jorong Lundang Nagari Pasir Talang Barat Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan (Jefli)

 

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Camat Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan (Solsel) Darmansyah memperkirakan kerugian akibat kebakaran yang melanda di Jorong Lundang Nagari Pasir Talang Barat, Kecamatan Sungai Pagu mencapai Rp407.250.000.

Darmansyah menyebutkan berdasarkan data yang dihimpun melalui Pemerintahan Nagari terdapat 9 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak kebakaran itu dan 32 jiwa.Baca Juga: Satu Korban Luka Akibat Kebakaran di Solok Selatan, 5 KK Terdampak

"Tiga rumah diantaranya rusak berat dan 4 rumah rusak ringan. Ada dua rumah diantaranya diisi masing-masing dua KK," sebutnya.Baca Juga: Keluarga Korban Terdampak Kebakaran di Solok Selatan Bakal Diusulkan Bantuan Rumah

Baca Juga: Jangan Merasa Sendiri! PKS Solok Selatan Salurkan Bantuan Korban Kebakaran di Lundang

Sebelumnya, Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos PMD) Kabupaten Solok Selatan bakal mengusulkan bantuan rumah untuk pemilik yang terdampak kebakaran di Jorong Lundang, melalui skema alokasi dana yang bersumber dari Anggaran Belanja Tak Terduga (BTT).

Kepala Dinsos dan PMD Solok Selatan, Zulkarnaini ketika dihubungi harianhaluan.com mengatakan bahwa pihaknya masih menunggu data dari pemerintah nagari terkait data korban yang mengalami dampak kerugian akibat kebakaran yang terjadi di Jorong Lundang Nagari Pasir Talang Barat Kecamatan Sungai Pagu pada Subuh, Selasa (7/12/2021).

"Untuk tahap awal ini kita akan upayakan bantuan logistik dan bantuan kebutuhan sehari-hari bagi korban yang terdampak kebakaran," sebut Zulkarnaini.

Menurutnya, untuk bantuan rehab ataupun pembangunan rumah bagi korban terdampak bakal diusulkan melalui anggaran BTT.

"Ini tentunya melewati proses dahulu sebelumnya. Sedangkan, untuk tempat tinggal sementara bagi korban, kemungkinan mengungsi di rumah keluarganya. Jika tidak ada maka akan dicarikan solusinya," lanjutnya.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Terkini

X