Prof Herwandi: Museum Harus Dapat Berikan Pelayanan Pengetahuan

- Rabu, 8 Desember 2021 | 11:11 WIB
Prof. Dr. Herwandi, M.Hum, Guru Besar Ilmu Budaya Universitas Andalas memberi materi pemahaman museum dalam Sosialisasi Pemanfaatan Museum
Prof. Dr. Herwandi, M.Hum, Guru Besar Ilmu Budaya Universitas Andalas memberi materi pemahaman museum dalam Sosialisasi Pemanfaatan Museum

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Prof. Dr. Herwandi, M.Hum, Guru Besar Ilmu Budaya Universitas Andalas, menjadi pembicara dalam Sosialisasi Pemanfaatan Museum yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bukittinggi, di Istana Bung Hatta, Rabu (8/12/2021).

Dalam materinya Prof. Herwandi menyampaikan, data di tahun 2016 di Sumatra Barat terdapat 18 buah museum yang 2 diantaran di Bukittinggi.

Baca Juga: Masyarakat Bukittinggi Antusias Ikuti Sosialisasi Pemanfaatan Museum

Namun sayangnya, dewasa ini peminat museum sebagai tempat rekreasi edukasi mulai mengalami penurunan.

"Dari catatan di buku tamu, museum kini hanya dikunjungi oleh orang-orang tertentu dan diwaktu-waktu tertentu," kata Prof. Herwandi.

Baca Juga: Disdikbud Gelar Sosialisasi Pemanfaatan Museum Kepada Tenaga Pendidik di Bukittinggi

Menurutnya, sekarang museum telah mengalami sedikit pergeseran fungsi dimana hari ini museum menampilkan objek-objek kebudayaan dari masa lalu.

"Tidak jauh berbeda dari fungsi awal. Namun hari ini museum dihadirkan untuk menimba ilmu melalui keterangan-keterangan dari warisan masa lalu," tuturnya.

Akhirnya, museum menjadi tempat menyimpan koleksi masa lalu. Hendaknya koleksi tersebut lah yang dikaji, dipelajari dan diteliti sebelum dipublikasikan kepada masyarakat.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

Pelaku UMKM Padang Panjang Puji Layanan Premium PLN

Jumat, 28 Januari 2022 | 10:41 WIB
X